FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
13 10-2018

627

Buka Keran Investasi Lewat NextIcorn Digital Paradise Weekend

SIARAN PERS NO. 279/HM/KOMINFO/10/2018
Kategori Siaran Pers
Menteri Kominfo Rudiantara dalam pembukaan Konvensi Internasional NextIcorn: Digital Paradise Weekend di The Stones, Legian, Kuta, Bali, Sabttu (13/10/2018). - (FBI)

Siaran Pers No. 279/HM/KOMINFO/10/2018

Sabtu, 12 Oktober 2018

Tentang

Buka Keran Investasi Lewat NextIcorn Digital Paradise Weekend

 

Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Konvensi Internasional Next Indonesia Unicorn (NextIcorn): Digital Paradises Weekend. Platform NextICorn menyederhanakan dan mempromosikan startup potensial Indonesia kepada pemodal ventura dan investor dari seluruh dunia.  

"KIta menyediakan platform yang dapat mempertemukan perusahaan berbasis teknologi atau start up digital potensial dan terkurasi di Indonesia dengan venture capital global. Tujuannya mempersingkat proses berinvestasi dengan menyediakan investor yang serius dari seluruh dunia dengan start-up Indonesia agar mudah menjadi unicorn," jelas Menteri Kominfo Rudiantara dalam pembukaan Konvensi Internasional NextIcorn: Digital Paradise Weekend  di The Stones, Legian, Kuta, Bali, Sabttu (13/10/2018). 

Dalam NextICorn konvensi kali secara eksklusif mengundang para investor paling terkemuka dari pasar-pasar utama di seluruh dunia untuk berinteraksi dengan para pengusaha terkemuka Indonesia, investor teknologi lokal, dan perwakilan pemerintah di Bali. 

NextICorn terakhir  pada Mei 2018 telah berhasil menciptakan permintaan lebih dari 2.000 permintaan pertemuan antara investor dan perusahaan yang dikurasi. "Di mana 1.035 pertemuan berhasil difasilitasi hanya dalam waktu 1,5 hari. Kami telah mencatat 294 tindak lanjut sejak acara tersebut dengan beberapa yang telah diubah menjadi transaksi," jelas Rudiantara.

Menteri Kominfo Rudiantara optimistis Indonesia akan dapat menarik investor lebih banyak untuk sektor ekonomi digital. Setidaknya ada lima faktor yang menjadi penarik minat investasi di Indonesia. Pertama, pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam 10 tahun terakhir relatif stabil. 

Kedua, Indonesia memiliki kepercayaan yang tinggi dari para investor untuk berinvestasi. Ketiga,terjadi peningkatan signifikan dalam lingkungan peraturan seperti kemudahan berusaha. Keempat,  indonesia memiliki prospek sebagai negara ekonomi terbesar ke-5 di dunia tahun 2030.

"Kelima, di tahun 2030 juga Indonesia akan menembus angka 135 juta kelas konsumen. Terakhir, ditahun 2030 Indonesia memiliki 180 juta penduduk usia produktif," tuturnya.

 

Empat Dukungan Pemerintah

Program NextIcorn merupakan salah satu inisiatif utama oleh pemerintah untuk mendorong pertumbuhan sektor digital Indonesia, yang telah menarik lebih dari USD 4 Miliar dalam investasi ke perusahaan tahap awal pada 2017, sebuah angka yang telah tumbuh 60 kali lipat selama 5 tahun terakhir. 

Sebagai Ketua Board of NextIcorn, Rudiantara menegaskan inevstasi akan lebih mudah dilakukan karena adanya dukungan penuh pemerintah yang telah mengubah mindset menjadi fasilitator dan akselerator. 

Dukungan pemerintah itu diwujudkan dalam reformasi kebijakan sudah ada 16 paket kebijakan ekonomi sejak tahun 2015. Selain itu, saat ini  pemerintah tengah gencar membangun infrastruktur. Adapun ketiga pemerintah juga telah melakukan reformasi fiskal bagi pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan. Dan keempat, Indonesia melakukan reformasi hukum bagi kemudahan berusaha dan investasi. 

"Saat ini waktu yang tepat karena, pertama, reformasi regulasi, kemudian pembagunan infrstruktur paling gencar dilakukan dalam sejarah Indonesia, reformasi fiskal dan hukum untuk kemudahan berusaha dan investasi," ungkapnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara optimis Indonesia menjadi negara yang tepat buat para investor menanamkan modal. Menurut Data dari Asia Business Outlook Survey 2017, The Economist Corporate Network 2017, Indonesia juga ternyata berada diposisi ke-3 dalam kesediaan investor menambahkan investasi setelah Tiongkok dan India. Kondisi seperti itu  akan membuat keyakinan investor untuk menanamkan modal di Indonesia. 

Menteri Kominfo mengajak pemodal ventura untuk ikut berpartisipasi menjadi kunci untuk gelombang inovasi berikutnya di pasar ekonomi digital. "Saya, mewakili Pemerintah Indonesia, akan merasa terhormat, jika Anda memutuskan untuk mengambil bagian dalam NextICorn kedua," jelasnya.

 

Ferdinandus Setu
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-3504024
Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id


Berita Terkait

Siaran Pers No. 116/HM/KOMINFO/06/2019 tentang Menkominfo Ajak Jajaran Pimpinan Libatkan Masyarakat

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meminta jajaran pimpinan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk turun dan berbicara ke m Selengkapnya

Siaran Pers No. 115/HM/KOMINFO/06/2019 tentang Kominfo Tingkatkan Anggaran untuk Pengembangan SDM pada 2020

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajukan kenaikan pagu indikatif pada tahun anggaran 2020. Kenaikan itu dialokasikan untuk bidang P Selengkapnya

Siaran Pers No. 114/HM/KOMINFO/06/2019 tentang Kembangkan Kolaborasi, Jadikan Indonesia Surga Startup Digital

Indonesia telah menjadi salah satu "surga" bagi tumbuhnya startup digital. Tingkat pertumbuhan sangat pesat, bahkan lebih tinggi dari negar Selengkapnya

Siaran Pers No. 113/HM/KOMINFO/06/2019 tentang 'Hattrick' Kominfo Peroleh Predikat WTP dari BPK Tiga Tahun Berturut-turut

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan rasa syukur setelah lembaga yang dipimpinnya mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pe Selengkapnya