FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 11-2018

    1311

    Daftar Fintech, Masyarakat Tak Perlu Beri Informasi Pribadi

    Kategori Sorotan Media | daon001

    JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meminta masyarakat yang mendaftar aplikasi financial technology (fintech) untuk tidak memberikan informasi pribadi. Salah satunya, nomor telepon pribadi. 

    Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo Semuel A Pangerapan mengatakan, informasi pribadi seperti nomor telepon tidak diperlukan. Bahkan, kata Semuel, jika ada aplikasi yang meminta data pribadi, maka masyarakat disarankan melaporkan ke pihaknya. Setelahnya, aplikator akan dimintai keterangan. 

    "Laporkan, kita tangkap itu langgar privasi. Saya beri tips masyarakat baca aturannya dulu, lihat dari mana karena banyak ada daftarnya di OJK," katanya di Jakarta, Selasa (13/11/2018). 

    Langkah preventif ini, lanjut Semuel, merupakan fondasi bagi pemerintah untuk mengantisipasi dampak negatif maraknya praktik pinjam uang lewat sistem digital. Jika pelanggaran dilakukan terus-menerus, Kemenkominfo ditegaskannya tidak segan menutup aplikasi tersebut. 

    "Ada pelanggaran kita tutup, tapi kita edukasi masyarakat bagaimana caranya, tahunya ada atau tidak izinnya," pungkasnya. Lebih lanjut Semuel menyebutkan bahwa membandingkan masalah industri fintech di dalam negeri dengan beberapa kasus di China tidak relevan.  

    "Kalau bandingkan sama China tidak lebih buruk dari mereka ya fintech di sana bermasalah, di kita layanan baru berkembang. Tapi, kita kasih rambu-rambu misalnya orang tidak boleh kasih data kontak, tidak ada hubungannya," ujarnya. 

    Sumber berita : www.sindonews.com (13/11/2018)

    Berita Terkait

    Hari Nusantara Jadi Momentum Akselerasi Transformasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    Hari Nusantara jadi momentum akselerasi transformasi digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    Kominfo imbau masyarakat akses sumber resmi untuk vaksin COVID-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengimbau masyarakat untuk dapat menanyakan dan memperoleh informasi seputar vaksin COVI Selengkapnya

    Lewat KIM, Kominfo Manfaatkan Karang Taruna dan PKK Desa untuk Menyebarkan Informasi Pilkada

    Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM) memiliki banyak cara untuk mendekati masyarakat agar informasi tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA