FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 11-2018

    346

    Tak Perlu Takut Bersaing, Anak Muda Harus Mampu Respons Perubahan Global

    KategoriBerita Pemerintahan | mth

    Sidoarjo, Kominfo - Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan di hadapan para pelajar di Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) mengatakan bahwa para pemuda harus mampu merespons perubahan global. Dengan kemampuan itu, menurut Presiden, anak-anak muda diharapkan mampu menghadapi ketatnya persaingan di kancah global.

    “Saya meyakini dengan anak-anak muda yang kita miliki, khususnya kader-kader IPM, tidak perlu takut kita bersaing dengan negara lain. Tidak perlu takut kita berkompetisi dengan negara-negara lain,” ujarnya di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (19/11/2018).

    Dirinya mengatakan, kualitas dan keunggulan yang dimiliki anak-anak muda Indonesia sebenarnya tak kalah dengan anak-anak muda dari negara lain.

    Kejuaraan atau sejumlah olimpiade sains tingkat internasional seringkali menampilkan anak-anak muda Indonesia sebagai penyandang status juara. Hal itu juga terjadi belakangan ini di dalam persaingan perusahaan teknologi.

    “Di 10 negara ASEAN ini ada 7 startup unicorn yang besar, yang itu dimiliki anak-anak muda. Empat adalah berasal dari Indonesia. Ada Nadiem Makarim Go-Jek, ada Zaki Bukalapak, dan lain-lainnya. Artinya anak-anak muda kita ini enggak kalah. Jangan ada yang merasa inferior,” kata Presiden.

    Sebaliknya, sambung Presiden, anak-anak muda kita harus mampu membawa perubahan kemajuan bagi negara Indonesia.

    Menurut perkiraan McKinsey Global Institute, Indonesia di tahun 2045 mendatang akan menjadi salah satu dari empat besar negara dengan perekonomian terkuat. “Itu masa saat Saudara-saudara semua nanti sudah menjadi orang semuanya,” tandasnya.

    Berita Terkait

    Menkeu Tantang Anak Muda Tumbuhkan 1000 Startup

    Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memberikan tantangan kepada anak muda yang hadir maupun menyaksikan acara Gerakan Nasional 1000 Startu Selengkapnya

    Dalam Seabad, Ada 30 Negara Sukses Memindahkan Ibu Kotanya

    "Dalam 100 Tahun ini ada 30 negara yang sukses memindahkan ibu kotanya," demikian disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjoneg Selengkapnya

    Presiden: APBN 2020 Harus Mampu Beri Stimulus Pertumbuhan dan Pemerataan

    Presiden Joko Widodo menekankan, APBN 2020 harus mampu memberikan stimulus bagi peningkatan ekspor dan investasi, serta menjadi stimulus per Selengkapnya

    Presiden Jokowi: APBN 2020 Harus Mampu Beri Stimulus Pertumbuhan dan Pemerataan

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin Rapat Terbatas tentang Ketersediaan Anggaran dan Pagu Indikatif Selengkapnya