FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 09-2011

    2682

    Kominfo Masih Gantung Nasib Akuisisi Indosiar oleh Induk SCTV

    Kategori Sorotan Media | admin

    Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) masih belum ambil sikap soal akuisisi yang dilakukan induk SCTV, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), terhadap PT Indosiar Karya Media Tbk (IDKM).

    Pemerintah masih akan bertemu dan duduk bersama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) terkait pandangan hukum KPI yang menyatakan rencana ini berpotensi melanggar peraturan, yakni Undang-Undang (UU) Penyiaran serta Peraturan Pemerintah (PP) No. 50 Tahun 2005.

    "Kita (Kominfo) pernah duduk bareng pada pertemuan awal dua bulan lalu dengan KPI dan Bapepam dan sampai sekarang belum ambil sikap. Jika ada pandangan baru dari KPI maka kami perlu bertemu lagi tentang masalah merger ini," kata Kepala Pusat Informasi Dan Humas Kementerian Kominfo Gatot S Dewa Broto kepada detikFinance, Selasa (7/6/2011).

    Menurutnya, ada dua hal terkandung dalam Undang-Undang Telekomunikasi yang selama ini menjadi perhatian Kominfo dalam akuisisi Indosiar oleh induk SCTV ini.

    Pertama, akuisisi tersebut bisa melanggar UU jika ada pengalihan frekuensi dari salah satu pihak ke pihak lain tanpa persetujuan Menteri Kominfo. Sementara yang kedua, jika ada pengalihan kepemilikan perizinan siar juga tanpa persetujuan Menteri Kominfo.

    Namun, kedua perusahaan itu bisa saja bergabung dan melewati aturan tersebut jika ada persetujuan dari Menteri Kominfo yang saat ini dijabat Tifatul Sembiring.

    "Mungkin kalau bentuknya nanti holding tidak akan kena undang-undang ini. Tapi untuk memastikan, kami harus bertemu dengan KPI dan Bapepam terlebih dahulu untuk membasah lebih detil," tambahnya.

    Meski belum bisa memutuskan jadwal pertemuan antara trio tersebut, Gatot mengaku pertemuan akan digelar secepatnya. Pasalnya, rencana akuisisi ini akan dilakukan dalam waktu dekat atau sekitar akhir Juni 2011.

    "Secepatnya kami akan bertemu untuk membahas hal ini," katanya.
    (ang/dnl)

    sumber : http://finance.detik.com/read/2011/06/07/153009/1654993/6/kominfo-masih-gantung-nasib-akuisisi-indosiar-oleh-induk-sctv

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Kominfo raih predikat wilayah bebas korupsi 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapat penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi setelah memenuhi persyaratan yang d Selengkapnya

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    Kominfo fasilitasi akselerasi startup lewat Startup Studio Indonesia

    Setelah menginisiasi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital pada 2016 dan Nexticorn pada 2017, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominf Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA