FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 01-2019

    1527

    Fitur Pembatasan Penerusan Pesan WhatsApp Dinisiasi 4 Negara

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Pembatasan penerusan pesan (forward messages) WhatsApp disebut merupakan inisiasi WhatsApp dengan Indonesia, India, Meksiko, dan Brasil. Dalam hal ini Indonesia diwakili oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. 

    Plt. Kepala Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu mengatakan Rudiantara meminta WhatsApp agar membatasi penerusan pesan di Indonesia untuk menekan jumlah penyebaran informasi hoaks. 

    "Kami mengusulkan lalu WA memutuskan menerima usulan kami. Menteri Rudiantara hanya meminta pembatasan jumlah forward," kata pria yang akrab dipanggil Nando kepada CNNIndonesia.com, Selasa (22/1). 

    Nando menjelaskan WhatsApp yang memutuskan lima pesan sebagai batas penerusan pesan. Menurutnya keputusan ini berdasarkan hasil pembatasan penerusan pesan yang sudah dilakukan di India sejak pertengahan 2018 lalu.  

    Nando juga mengatakan hal ini membuat Rudiantara juga ingin pembatasan penerusan pesan dibatasi menjadi lima kali sekaligus.  

    "Angka lima kali diambil setelah melalui simulasi yang dilakukan WhatsApp dan diyakini bisa mengurangi 25 persen info hoaks," ujar Nando.  

    Sebagai informasi, saat ini secara global pembatasan penerusan pesan masih di 20 orang atau grup dalam sekali penerusan pesan. 

    Sebelumnya, Word Global Influencer dari empat negara sebelumnya telah melakukan pembahasan dengan pihak WhatsApp untuk mewujudkan langkah penyebaran hoaks. Keempat negara ini adalah Brasil, India, Meksiko dan Indonesia.  

    Rudiantara mengatakan WhatsApp menjadikan Indonesia menjadi pasar diprioritaskan karena jumlah pengguna yang besar. Saat ini pengguna WhatsApp telah mencapai 1,5 miliar pengguna bulanan.

    Sumber berita: www.cnnindonesia.com (23/01/2019)

    Pewarta: Safir Makki

    Berita Terkait

    Kemkominfo RI Berencana Kembangkan Road Map Digitalisasi di STMM Yogyakarta

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia lakukan kunjungan kerja (kunker) ke Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Selengkapnya

    Sistem Pemerintahan Berbasis Digital Siap Beroperasi pada 2023

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) bisa beroperasi secara penuh pad Selengkapnya

    Kominfo dorong nelayan gunakan perangkat radio legal

    Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong nelayan untuk menggunakan perangkat radio komunikasi maritim yang aman dan legal. Selengkapnya

    Kominfo Imbau Penyelenggara Pos Antisipasi Penyebaran Virus Korona

    JAKARTA - Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau ke Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA