FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 02-2019

    1275

    Pembayaran Digital Marak, Kominfo Sebut Akan Ada Seleksi Alam

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengatakan akan terjadi seleksi alam dalam bisnis platform pembayaran digital di Indonesia. Hal ini diungkap Dirjen Aptika Kominfo Semuel Pangerapan menanggapi kehadiran kehadiran LinkAja

    Menurutnya, kehadiran LinkAja tidak akan berdampak negatif dalam ekosistem platform pembayaran digital Indonesia. Semakin banyak pemain pembayaran digital maka akan mendorong inovasi yang berbuah positif bagi konsumen.  

    "Tidak apa-apa, makin banyak kan seleksi alam. Yang penting semua ikuti aturan. Siapa yang terbaik," ujar Semuel usai meresmikan acara bertajuk "Gerakan Ayo UMKM Jualan Online" di Pasar PSPT Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (26/2).

    LinkAja adalah sistem layanan keuangan elektronik yang sebelumnya bernama Tcash milik Telkomsel. Namun, layanan itu berubah nama menjadi LinkAja per Jumat (22/2). Tak hanya bersulih nama, operasional sistem Tcash juga resmi dialihkan dari Telkomsel ke PT Fintek Karya Nusantara (Finarya). 

    Semuel mengatakan untuk mendukung inovasi tersebut, Kominfo berfungsi sebagai tempat registrasi agar aplikasi tersebut bisa beroperasi. Selanjutnya, ia berharap seluruh platform pembayaran digital itu bisa mengikuti seluruh aturan keuangan yang ada. 

    "Kominfo aplikasinya aja. Dia buat layanan masyarakat dilaporkan. Misalnya dia jelaskan layanan mereka ini bergerak di bidang payment, fintech untuk marketplace, " kata Semuel. 

    Semuel mengatakan pihaknya mengatur soal tata teknis aplikasi atau platform digital. Terkait aturan bisnis itu sudah masuk ranah sektoral.

    Dalam hal ini LinkAja harus mengikuti aturan keuangan dari Bank Indonesia. Hal serupa juga terjadi di bisnis transportasi online yang diatur oleh Kementerian Perhubungan. 

    "Aturan teknis tentang teknologi ada di Ditjen Aptika. Aturan tentang bisnis proses ada di sektor, Otoritas Jasa Keuangan untuk fintech dan Bank Indonesia untuk payment. Harus dipisahkan," kata Semuel. 

    LinkAja juga terhubung dengan sejumlah layanan pembayaran berbasis QR Code yang dimiliki masing-masing bank negara bisa terhubung ke sistem LinkAja. Mulai dari UnikQu dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, MyQR dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, hingga e-cash dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (jnp/eks)

    Sumber berita : CNNIndonesia(28/02/19)

    Berita Terkait

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Targetkan Transformasi Digital dalam 3Tahun,Kominfo Gagas 5 Langkah

    Pandemi Covid-19 membuat transformasi digital menjadi keharusan. Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, Pemerintah bahkan berkomitmen memper Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA