FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 03-2019

    643

    Kembangkan Tourism 4.0 Jadikan Milenial Sasaran Utama

    KategoriBerita Kementerian | vera002

    Jakarta, Kominfo-  Upaya pemerintah mengembangkan pariwisata melalui tourism 4.0 menjadikan milenial sebagai sasaran utama. “Anak muda sekarang tidak bisa lepas dari travelling, smartphone dan media sosial. Separuh hidup anak muda didedikasikan untuk media sosial, dan travelling menjadi prioritas saat waktu libur tiba,” ungkap Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi Don Kardono dalam Diskusi Panel Rakornas Pariwisata I 2019 di Sultan Hotel Jakarta, Jumat (1/3/2019).

    Don menambahkan saat ini era sosial media dengan efektivitas 4 kali lebih efektif dibandingkan dengan yang lain, sehingga hadirnya komunitas anak muda yang peduli pariwisata yaitu Generasi Pesona Indonesia (GenPI) dan Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) menjadi penting.

    “Kehadiran GenPI mampu membawa anak muda ke arah positif dalam koridor pariwisata. Mereka akan mengeksplorasi seluruh destinasi pariwisata yang ada di Indonesia. GenPI juga bertugas memviralkan semua karyanya untuk mengangkat pariwisata Indonesia,” ujar Don.

    Ditambahkan Don bahwa pada tahun 2018, GenPI sukses membuat 1.451 trending topic di Twitter. Sementara di awal 2019 ini sudah 110 trending topic yang dibuat. Trending topic menyangkut destinasi wisata, Calendar of Event (CoE) pariwisata dan kebijakan pariwisata. Di samping itu mereka juga tidak boleh membuat konten yang didalamnya menyangkut politik, hoaks dan SARA, semuanya hanya mengenai pariwisata Indonesia.

    Hadirnya tourism 4.0 ini juga diharapkan mampu memunculkan banyak lagi startup di bidang pariwisata. Kepala Seksi Perancangan Pemberdayaan Kreativitas Teknologi Informasi dan Komunikasi Sonny Sudaryana Startup di bidang tourism mencapai 17.7%. “Startup yang terkait tourism mencapai 17.7%, masih dibutuhkan validasi lagi namun mulai banyak yang melihat potensi tourism dengan menghadirkan startup di bidang pariwisata. Salah satunya startup yang ada di Bandung yang mencoba menawarkan solusi tourism,” jelas Sonny.

    Pengembangan pariwisata tourism 4.0 yang ditujukan bagi milenial diharapkan pertumbuhannya terus berlipat. Selain itu juga bisa mengangkat pariwisata Indonesia di dalam dan di luar negeri melalui eksplorasi seluruh destinasi wisata di tanah air. (VE)

    Berita Terkait

    Kominfo dan BNPT Jalin Kerjasama, Tangkal Isu Terorisme di Dunia Maya

    Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyepakati Memorandum of Action (MoA) untuk penan Selengkapnya

    Kominfo Kembangkan Aplikasi Penyiaran Seperti Media Sosial

    Direktur Penyiaraan Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Geryantika Kurnia mengharapkan desain aplikasi perizinan penyiaran mudah dig Selengkapnya

    Hoaks! Prajurit Kostrad Akan Menyerang Rutan Guntur

    Kemudahan akses terhadap teknologi sering dimanfaatkan sejumlah oknum untuk berbuat negatif. Salah satunya dengan menyebarkan berita hoaks d Selengkapnya

    Kembangkan Kecakapan Digital untuk Lawan Konten Negatif

    Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan mengajak generasi milenial Manado Selengkapnya