FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 06-2019

    331

    Hoaks Hari Ini: Ketua MK Diganti Sebelum Gugatan Pilpres Berakhir

    KategoriBerita Kementerian | mth

    Jakarta, Kominfo - Mahkamah Konstitusi (MK) saat ini menjadi sorotan publik di tengah proses sengketa hasil Pemilihan Umum Serentak 2019. Bahkan, lembaga itu menjadi sasaran hoaks oleh oknum yang tak bertanggung jawab. 

    Kabar hoaks yang beredar mengenai isu pergantian Ketua MK. Pergantian dilakukan ketika kasus yang ditangani MK saat ini, yaitu gugatan Paslon 02 dalam Pilpres ke MK belum diselesaikan. Konten itu, melampirkan artikel berjudul “Akan Diganti, Ketua MK Arief Hidayat Minta Maaf” sebagai bukti.

    Plt Karo Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, status di media sosial tersebut juga turut menyalahkan Jokowi yang dianggap berlaku curang.  "Berita yang dirilis Merahputih.com itu adalah hoaks, karena itu berita pada bulan April 2018 lalu, jauh sebelum Pilpres 2019 maupun situasi pasca Pilpres 2019," kata Ferdinandus di Jakarta, Jum'at (07/06/2019).

    Lebih lanjut, Ferdinandus menjelaskan, Arief Hidayat sendiri merupakan mantan ketua MK periode 2015-2017 dan 2017-2019. Jadi, Arief tidak memiliki hak untuk dipilih kembali.

    "Pak Arief tidak memiliki hak untuk dipilih kembali sebagai ketua MK, ini sesuai dengan Pasal 4 Ayat 3a UU MK dan Pasal 2 Ayat 6 PMK Nomor 3 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua MK," imbuhnya. 

    Berkaitan dengan Ketua MK saat ini, penjabat untuk periode 2018-2020 adalah Anwar Usman yang dipilih melalui pemungutan suara oleh sembilan hakim konstitusi. 

    Dalam periode kepemimpinannya di MK, Anwar juga yang menerima pendaftaran sengketa dari pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi yang baru saja menggantikan Arief Hidayat. 

    Berikut rincian lengkap laporan isu hoaks harian untuk tanggal 7 Juni 2019 dari Tim AIS Kementerian Kominfo:

    1. Lahirnya Bayi Dajjal Bermata Satu di Israel

    2. Foto Pengungsi Suriah

    3. Titik di Huruf J Pada Tulisan Jazz di Mobil Honda Jazz Mengandung Berlian

    4. Ketua MK Mau Diganti Disaat Belum Menyelesaikan Tugas Besarnya

    5. Ribuan Umat Muslim Rohingya Myanmar Dibakar Hidup-Hidup

    6. Lelaki Ini Sombong Dengan Kekayaannya Dan Ketampanannya Diuji Oleh Tuhan Hingga Tubuhnya Dipasangi Alat Khusus Untuk Bertahan Hidup

    7. Foto Presiden Kroasia Menggunakan Bikini

    8. Republika: Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu Walau Banyak Kecurangan **

    Berita Terkait

    Kabar Penderita Gila Meningkat Akibat Pilpres, Hoaks!

    Selengkapnya

    Hoaks! MA Pastikan Jokowi Gagal Dilantik Jadi Presiden

    Beredar kabar di media sosial jika Presiden terpilih Joko Widodo gagal dilantik pada Oktober nanti. Kabar tersebut viral menyusul Keputusan Selengkapnya

    Hoaks! Media Inggris Sebut Jokowi Presiden Gagal

    Selalu ada cara dan motif baru yang sengaja dimanfaatkan untuk menyebarkan fitnah, provokasi, serta kabar bohong di media sosial. Kali ini a Selengkapnya

    Hoaks Hari Ini, Dari Indonesia Kirim Peserta LGBT hingga Pembawa Anjing ke Masjid

    Belum lama ini beredar sebuah konten mengenai informasi Indonesia mengirim perwakilan Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) dalam a Selengkapnya