FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 09-2019

    1519

    Kominfo Gelar Siaran Digital Perdana di Perbatasan RI - Malaysia

    Kategori Sorotan Media | meit001

    TEMPO.CO, Nunukan - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara meluncurkan siaran digital di perbatasan Indonesia, salah satunya di Nunukan, Kalimantan Utara. Menurut dia, dengan langkah ini, masyarakat di perbatasan bisa mendapat siaran televisi dengan kualitas gambar yang mulus dan konten yang bagus.

    Selama ini, kebanyakan masyarakat di perbatasan masih menangkap siaran dari saluran analog. Misalnya, menggunakan parabola, televisi kabel atau siaran free tune air. "Nah kalau berpindah ke digital, kualitas gambarnya jauh lebih bagus, kalau yang analog kan ada semutnya, ini mulus, ini adalah tahap pertama digitalisasi," kata dia saat peluncuran di Nunukan, Sabtu, 31 Agustus 2019.

    Digitalisasi siaran televisi juga bisa membuat masyarakat di perbatasan dapat mengakses lebih banyak saluran televisi. Misalnya saja di Nunukan yang kini saluran digitalnya telah disiari tak hanya oleh saluran televisi pelat merah TVRI, namun juga saluran televisi swasta seperti Metro TV dan Trans TV.

    Rudiantara mengatakan, sudah banyak negara yang melakukan migrasi saluran televisi dari analog ke digital. Sementara, di Indonesia migrasi ini masih belum bisa dilakukan secara total dan masih dalam masa transisi. Salah satu kendalanya, adalah Revisi Undang-undang penyiaran yang belum kelar dan kini masih berada di Dewan Perwakilan Rakyat.

    Dalam kesempatan yang sama, Rudiantara juga memperkenalkan cara agar masyarakat bisa mengakses saluran digital tersebut. Yang pertama adalah dengan membeli televisi baru yang bisa menangkap siaran digital. Sementara, untuk masyarakat yang masih menggunakan televisi lawas, dapat menangkap siaran digital dengan Set Up Box.

    "Dengan demikian, kita bisa mempercepat implementasi di Indonesia," ujar Rudiantara. Ia berharap saluran televisi digital yang dipancarkan di Nunukan ini juga bisa sampai ke perbatasan Indonesia - Malaysia di Pulau Sebatik.

    Sebelumnya, dalam keterangan tertulis, Direktur Penyiaran Kemenkominfo, Geryantika Kurnia menuturkan Nunukan di Kalimantan Utara dipilih Kemkominfo sebagai program pertama Digitalisasi Perbatasan karena di kawasan itu belum memiliki fasilitas 4G seperti halnya di wilayah Pulau Jawa.

    Untuk mensukseskan Siaran Digital di perbatasan, Geryantika menuturkan saat ini di Nunukan telah tersedia fasilitas milik LPP TVRI yang berada di 17 titik. Selain mencoba siaran digital di perbatasan Kalimantan, pemerintah akan mencoba melakukan siaran digital di Batam yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia.

    Dalam catatan Geryantika bulan lalu Malaysia sudah bermigrasi dari siaran analog ke siaran digital sementara Indonesia meski telah siap, belum melakukan migrasi. Padahal kesiapan sarana dan prasarana siaran digital yang secara ekonomis telah siap seharusnya digunakan bersiaran oleh televisi swasta Indonesia.

    “Secara hitung-hitungan, biaya sewa Mux milik TVRI jauh lebih ekonomis dibandingkan jika televisi swasta melakukan produksi siaran analog. Selain itu untuk memperbanyak konten berkualitas, Kemkominfo mempermudah ijin konten digital,” tuturnya.

    Sumber : tempo.co

     

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Kominfo Uji Coba Penyampaian Informasi Kebencanaan Lewat SMS Blast

    Direktorat Pengembangan Pitalebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mi Selengkapnya

    Yayasan BAKTI Kominfo Salurkan Bantuan Paket Data kepada Korban Banjir

    Yayasan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia memberikan sejum Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA