FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 11-2019

    237

    Kominfo: Komunikasi Positif Efektif Tangkal Hoaks

    Kategori Sorotan Media | meit001

    JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menekankan kepada semua pihak agar menggunakan komunikasi yang positif kepada semua pihak. Indonesia merupakan negara yang multikultur, agama dan etnis sehingga komunikasi yang positif dinilai ampuh menjaga persatuan dan soliditas masyarakat untuk menangkal Suku, ras dan agama (SARA).

    "Ini adalah simbol komunikasi masyarakat dari Sabang sampai Merauke. Komunikasi adalah cara untuk menjaga persatuan, saling toleransi, menjaga solidaritas kehidupan berbangsa," kata Kasubdit Informasi dan Komunikasi Pertahanan dan Keamanan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dikdik Sadaka dalam keterangannya, Jumat (15/11/2019).

    Ia pun menilai bahwa tidak akan ada perpecahan dan perselisihan apabila seluruh masyarakat dari Sabang sampai Merauke menjalin komunikasi efektif dan positif.

    "Hubungan paling penting dalam manusia adalah komunikasi. Melalui komunikasi akan memperkuat persatuan, persaudaraan dan toleransi antar masyarakat," terang dia.

    Dia menjelaskan komunikasi harus ada persamaan persepsi dan satu pemahaman. Peran dari para pakar dan praktisi komunikasi di era digital sangat vital dalam membantu mencerdaskan bangsa dalam berkomunikasi yang baik, dan sehat untuk menciptakan persatuan, persaudaraan, serta toleransi di kalangan masyarakat.

    Wakil Wali Kota Sabang Suradji Junus mengapresiasi Sabang menjadi tuan rumah deklarasi komunikasi kebangsaan. Sabang menjadi patokan awal menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

    "Dari anak SD sampai dewasa, dari Sabang sampai Merauke, harus digerakkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Dari kilometer 0 (tugu titik 0) inilah, menjadi simbol persatuan kita sebagai bangsa," ujar dia.

     

    Sumber: okezone

    Berita Terkait

    Ke Berlin, Menkominfo Buktikan RI Aktif dalam Pergaulan TI Global

    Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo) RI, Johnny Gerrard Plate bertolak ke Berlin, Senin (25/11/2019). Selengkapnya

    Kemenkominfo Gelar Konvensi Pos dan Informatika

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar konvensi dengan tema Kolaborasi Pemerintah dan Industri dalam Mendukung Ekon Selengkapnya

    Kominfo, WhatsApp Kenalkan Literasi Privasi Dan Keamanan Digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama ICT Watch, WhatsApp, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) meluncurkan program litera Selengkapnya

    Jaga Persatuan Bangsa Lewat Komunikasi Positif

    Sebagai negara yang multikultur, agama dan etnis, Indonesia paling rawan terjadinya konflik berlatar Suku, ras dan agama (SARA). Komunikasi Selengkapnya