FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 01-2020

    450

    BNPB Imbau Pemda dan BPBD Tetap Waspada Pantau Bencana

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Sejumlah warga melewati jembatan darurat dari bambu karena jalan terputus akibat banjir bandang di Kampung Parung Sapi, Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/1/2020). - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca eksrem dengan curah hujan tinggi masih akan berlangsung dan berulang hingga pertengahan Februari. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengimbau pemerintah daerah dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk selalu waspada, melakukan pemantauan bencana.

    "Koordinasi dengan instansi terkait dan sosialisasi antisipasi bencana kepada masyarakat. Penting untuk dapat menentukan status keadaan darurat serta mempersiapkan posko pengungsian, logistik dan peralatan," jelasnya dalam rilis di Jakarta, Jumat (10/01/2020).

    Agus Wibowo juga mengimbau masyarakat untuk selalu siap siaga dengan membuat rencana antisipasi bencana, mencatat nomor telepon penting, membentuk komunitas siaga bencana. "Dengan melakukan kegiatan gotong royong seperti kerja bakti, menentukan jalur evakuasi dan titik kumpul aman, mempersiapkan perbekalan dengan Tas Siaga Bencana, mengamankan dokumen penting serta segera laporkan jika ada kerusakan atau tanggul bocor ke Kelurahan/Kecamatan/BPBD terkait," ujarnya.

    Berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB 10 Januari 2020 pukul 06.00 WIB terdapat peningkatkan jumlah pengungsi di Kabupaten Bogor. "Pengungsi yang berasal dari Kecamatan Jasinga dan Kecamatan Cigudeg menjadi 22.504 orang karena sebelumnya belum terlaporkan. Jumlah pengungsi juga mengalami peningkatan di Kota Bekasi yang semula 56 orang menjadi 65 orang," jelas Agus Wibowo.

    Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, di Jakarta Barat terjadi penurunan pengungsi cukup signifikan. "Selain peningkatan (di Bogor), jumlah pengungsi juga terus menurun secara signifikan di Jakarta Barat yang semula 484 orang menjadi 150 orang," katanya.

     

     

    Berita Terkait

    Langkah Terpadu Pusat dan Daerah Tangani Penyebaran Virus Korona

    Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 dibentuk dan dikepalai oleh Kepala BNPB untuk mengerahkan sumber daya terpadu dalam penanganan pe Selengkapnya

    Presiden Tinjau dan Resmikan Rehabilitasi Madrasah di Pekanbaru

    Mengawali hari kedua kunjungan kerjanya ke Provinsi Riau, Jumat (21/02/2020), Presiden Joko Widodo meninjau sekaligus meresmikan Madrasah Ts Selengkapnya

    Pemerintah Akan Rancang Solusi Permanen Tanggulangi Bencana

    Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan solusi permanen perlu diterapkan dalam penanggulangan bencana. Apabila tak ada langkah pe Selengkapnya

    SDM Indonesia Harus Tangguh dan Tanggap Bencana

    Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan bahwa bahwa Indonesia adalah negara ya Selengkapnya