FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 01-2020

    1552

    BNPB Imbau Pemda dan BPBD Tetap Waspada Pantau Bencana

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Sejumlah warga melewati jembatan darurat dari bambu karena jalan terputus akibat banjir bandang di Kampung Parung Sapi, Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/1/2020). - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca eksrem dengan curah hujan tinggi masih akan berlangsung dan berulang hingga pertengahan Februari. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengimbau pemerintah daerah dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk selalu waspada, melakukan pemantauan bencana.

    "Koordinasi dengan instansi terkait dan sosialisasi antisipasi bencana kepada masyarakat. Penting untuk dapat menentukan status keadaan darurat serta mempersiapkan posko pengungsian, logistik dan peralatan," jelasnya dalam rilis di Jakarta, Jumat (10/01/2020).

    Agus Wibowo juga mengimbau masyarakat untuk selalu siap siaga dengan membuat rencana antisipasi bencana, mencatat nomor telepon penting, membentuk komunitas siaga bencana. "Dengan melakukan kegiatan gotong royong seperti kerja bakti, menentukan jalur evakuasi dan titik kumpul aman, mempersiapkan perbekalan dengan Tas Siaga Bencana, mengamankan dokumen penting serta segera laporkan jika ada kerusakan atau tanggul bocor ke Kelurahan/Kecamatan/BPBD terkait," ujarnya.

    Berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB 10 Januari 2020 pukul 06.00 WIB terdapat peningkatkan jumlah pengungsi di Kabupaten Bogor. "Pengungsi yang berasal dari Kecamatan Jasinga dan Kecamatan Cigudeg menjadi 22.504 orang karena sebelumnya belum terlaporkan. Jumlah pengungsi juga mengalami peningkatan di Kota Bekasi yang semula 56 orang menjadi 65 orang," jelas Agus Wibowo.

    Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, di Jakarta Barat terjadi penurunan pengungsi cukup signifikan. "Selain peningkatan (di Bogor), jumlah pengungsi juga terus menurun secara signifikan di Jakarta Barat yang semula 484 orang menjadi 150 orang," katanya.

     

     

    Berita Terkait

    BBWI dan BBI Dongkrak Investasi dan Penggunaan PDN

    Indonesia memiliki potensi perjalanan wisata domestik cukup besar yang bersumber dari 276 juta jumlah penduduk. Selengkapnya

    Bertemu Presiden Singapura, Wapres Ajak Pererat Kerja Sama Kedua Negara

    Sebagai negara sahabat yang erat hubungannya dengan Indonesia, Wapres mengajak mantan Wakil Perdana Menteri Singapura ini untuk mengunjungi Selengkapnya

    Pemerintah Tetapkan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024

    Sebelum ditetapkannya keputusan bersama tersebut, ketiga menteri mengikuti rapat yang dipimpin oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. Selengkapnya

    Presiden Ingatkan Jajaran Tetap Waspada Terhadap Potensi Krisis

    Presiden pun mengimbau untuk dapat mengantisipasi dan memproyeksikan agar pendapatan negara tidak terganggu. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA