FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 11-2012

    1666

    Kominfo Geber Desa Informasi di Indonesia Tengah

    Kategori Sorotan Media | admin

    Jakarta - Program Desa Informasi yang digalakkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merambah wilayah Nusa Tenggara Timur. Tepatnya di Desa Bakustulama. Kecamatan Tasifeto Barat, Kabuoaten Belu Provinsi NTT. 

    Peresmian yang dilakukan oleh Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Syukri Batubara ini juga mewakili peresmian terhadap 27 Desa Informasi lainnya di wilayah Indonesia Tengah. Seperti di Kabupaten Kupang, Kabupaten Alor, Kabupaten Kepulauan Sangihe serta Kabupaten Kepulauan Talaud yang berada di Provinsi Sulawesi Utara.

    Desa Informasi merupakan jurus pemerintah untuk pemerataan informasi, dengan pembangunan infrastruktur informasi dan komunikasi dan pemberdayaan masyarakat, khususnya di daerah yang masih banyak belum terjangkau infrastruktur TIK (blank spot) dan tertinggal.

    Syukri menjelaskan, pembangunan Desa Informasi ini diharapkan dapat menjadi titik terang seiring dengan permasalahan kesenjangan informasi yang terjadi khususnya di wilayah perdesaan terpencil. 

    Dimana kondisi geografis yang pada umumnya terpencil dan jauh dari pusat kota sehingga kebanyakan masyarakatnya sulit mendapatkan akses informasi.

    Kominfo sendiri sejak tahun 2009 hingga 2011 telah berhasil membangun sebanyak 86 Desa Informasi. Dimana pada tahun 2012 ini mereka menargetkan membangun hingga 120 Desa Informasi, sehingga total telah 206 Desa Informasi akan terbangun.

    Pembangunannya sendiri antara lain difokuskan di wilayah perbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Timor Leste, Filipina, Papua Nugini, Maladewa, dan lainnya.

    Desa informasi sebenarnya merupakan integrasi dari beberapa program, antara lain Desa Berdering yakni desa yang memiliki jaringan telepon, Desa Internet yaitu desa yang memiliki jaringan internet, Desa yang memiliki Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) serta desa yang telah memiliki jaringan televisi. 

    Sehingga upaya mempercepat pengembangan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi dan dalam upaya memperluas jaringan infrastruktur teknologi komunikasi dan informatika di pedesaan dapat tercapai.

    "Peresmian Desa Informasi merupakan momentum yang sangat penting bagi kita semua, karena dari Desa Bakustulaman, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur inilah, kita akan memulai era baru dimana informasi sudah masuk dan bisa diakses di daerah perdesaan, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan informasi sebagai himpunan pengetahuan, yang pada gilirannya mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraannya," kata Syukri.

    "Itulah yang kita kenal sebagai masyarakat informasi. Dengan informasi, petani di Belu bisa mengetahui dari internet prakiraan cuaca di wilayahnya atau harga komoditas apa yang sedang naik, atau para petani juga bisa saling berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui internet," tandasnya, panjang lebar saat meresmikan Desa Informasi di Belu.



    Dalam acara tersebut, Kominfo turut menyerahkan dua Mobil Pusat Layanan Informasi Kecamatan (MPLIK) dan juga perangkat televisi berbayar. Diharapkan ke depannya seluruh kecamatan di kabupaten Belu dapat memiliki masing-masing Mobil PLIK agar tujuan Mobil PLIK yang ditujukan dalam upaya mengajarkan internet sehat ke sekolah dapat segera terwujud.

    Untuk memastikan agar seluruh perangkat dalam MPLIK dapat selalu dioperasikan dengan baik, pemerintah akan membiayai perawatan MPLIK hingga 4 tahun ke depan yang setelahnya akan dilanjutkan perawatannya oleh pihak Pemda ataupun Pemkab sendiri.

    sumber: http://inet.detik.com/read/2012/11/29/073205/2104566/328/kominfo-geber-desa-informasi-di-indonesia-tengah?topnews

    Berita Terkait

    Menkominfo Dorong Milenial Kuasai Ruang Digital Indonesia

    PEMERINTAH hadir dan memiliki kepedulian terhadap generasi milenial. Selain itu, pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informa Selengkapnya

    Kominfo-LKPP terapkan aplikasi monitoring demi transparansi pengadaan

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dalam mengimplementasikan aplik Selengkapnya

    Kominfo Gandeng Gojek Perluas Akses Aplikasi PeduliLindungi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkolaborasi dengan Gojek untuk memperluas akses ke aplikasi pelacak penyebaran Covid-19 P Selengkapnya

    Langkah Kominfo percepat digitalisasi di era normal baru

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyiapkan langkah yang dapat ditempuh sektor Teknologi Informatika (TIK) untuk mempe Selengkapnya