FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 02-2020

    333

    Menkominfo Dukung PT Jadi Pusat Penelitian Produk Digital

    Kategori Berita Kementerian | Yusuf
    Menteri Kominfo Johnny G. Plate saat menjadi pembicara kunci pada Seminar dan Workshop Quantum Information di Aula Soesilo Soedirman Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (20/02/2020). - (NRZ)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menekankan pentingnya pengembangan inovasi dari dunia pendidikan, khususnya pada perguruan tinggi di Tanah Air. Bahkan, Menteri Johnny mendukung perguruan tinggi menjadi pusat penelitan untuk menghasilkan produk baru di dunia digital Indonesia.

    “Saya mendukung sekali apa yang disampaikan oleh Prof Dwi (Dekan STEI-ITB), untuk marilah universitas kita menjadi pusat research (penelitian), yang betul-betul tidak saja selesai di jurnal, tidak saja selesai di buletin, tapi dia harus bisa menghasilkan produk-produk baru untuk masuk ke era dunia digital kita,” tutur Menteri Johnny saat memberikan keynote speech dalam Quantum Information Seminar dan Workshop 2020 di Aula Soesilo Soedirman Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (20/02/2020).

    Menkominfo memberi sambutan dalam acara Quantum di Kemenpar

    Menurut Menteri Johnny, jika perguruan tinggi di Indonesia tidak fokus membangun pusat penelitian, maka Indonesia hanya bisa menjadi konsumen atau pasar. “Inovasi harus bertumbuh. Kita harus bisa menghasilkan platform-platform, aplikasi-aplikasi dan teknologi di dalam ruang digital, yang memungkinkan kita nanti menjadi bangsa yang ikut bersama-sama bangsa pemenang lainnya, kalau tidak, kita hanya menjadi konsumen,” ujarnya.

    Selain di ranah pendidikan, Menteri Johnny juga mengajak dunia bisnis agar menekankan tiga hal penting, yakni investasi, invensi dan inovasi. “Dunia bisnis harus juga punya kecepatan untuk mengambil keputusan invensi, inovasi dan investasi. Tanpa investasi yang memadai, maka kita sekali lagi, hanya menjadi konsumen,” imbuhnya.

    Sebelumnya, Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institute Teknologi Bandung (STEI-ITB) Dwi H. Widyantoro mengatakan, berkembangnya teknologi Quantum di negara-negara maju, karena perusahaan-perusahaan teknologi ternama mendapat dukungan dari tenaga ahli pendidikan dalam melakukan penelitian.

    Kegiatan seminar dan workshop 2020 yang digelar Quantum Indonesia itu ditujukan untuk membangun komitmen dan menumbuhkan kesadaran akan manfaat dari teknologi komunikasi Quantum, serta keamanan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Kegiatan tersebut ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara SpeQtral, STEI-ITB dan Kennlines Capital Group. (aik)

    Menkominfo foto bersama di acara Quantum

    Berita Terkait

    Menkominfo Apresiasi Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, memberikan apresiasi kepada masyarakat yang mulai timbul kesadaran dalam menjalankan pro Selengkapnya

    Gandeng Semua Unsur Masyarakat untuk Bangun Desa Digital

    Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Anang Achmad Latif mengatakan Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Komunitas Telekomunikasi Sempurnakan Infrastruktur Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak seluruh elemen masyarakat untuk secara bersama-sama melengkapi dan menyempurnakan Selengkapnya

    Menkominfo Ikuti Upacara Bendera Virtual Peringatan Hari Lahir Pancasila

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengikuti Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila dari kediaman di Jakarta, Senin Selengkapnya