FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 02-2020

    1926

    Ditjen Aptika Gelar Workshop Penerapan AI untuk Tingkatkan Ekonomi dan Atasi Masalah Sosial

    SIARAN PERS NO. 27/HM/KOMINFO/02/2020
    Kategori Siaran Pers
    Kasubdit Pengembangan Ekonomi Digital, Ditjen Aptika menyampaikan sambutan dalam acara Workshop Artificial Intelligence for Economic Growth and Social Good in The Digital Era di Downing Ballroom, Hotel Ashley, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/02/2020). - (DPS)

    Siaran Pers No. 27/HM/KOMINFO/02/2020

    Kamis, 20 Februari 2020

    Tentang

    Ditjen Aptika Gelar Workshop Penerapan AI untuk Tingkatkan Ekonomi dan Atasi Masalah Sosial

    Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan International Institute of Communications (IIC) dan Australia Indonesia Partnership for Economic Development (PROSPERA) mengadakan Workshop Artificial Intelligence for Economic Growth and Social Good in The Digital Era di Downing Ballroom, Hotel Ashley, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/02/2020).

    Workshop dimaksudkan untuk mendapatkan pemahaman bersama terkait perkembangan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dan penerapannya di Indonesia.

    Topik-topik diskusi dalam workshop ini membahas AI dalam perspektif yang lebih luas mencakup perkembangan teknologi, dampak ekonomi dan sosial, implikasi terhadap infrastruktur TIK dan upaya kolaborasi yang perlu dilakukan.

    Kasubdit Pengembangan Ekonomi Digital, Ditjen Aptika (kiri) dan Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPPT (kanan) menjawab pertanyaan dari peserta dalam Workshop Artificial Intelligence for Economic Growth and Social Good in The Digital Era di Downing Ballroom, Hotel Ashley, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/02/2020). (DPS)

    Kasubdit Pengembangan Ekonomi Digital, Ditjen Aptika, Luat Sihombing menegaskan bahwa kecerdasan buatan merupakan salah satu teknologi yang diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

    "Kecerdasan buatan menjadi salah satu teknologi yang diharapkan dapat memberikan manfaat besar dalam kehidupan manusia melalui inovasi-inovasi di berbagai sektor industri," kata Luat.

    Cara hidup masyarakat berubah setelah berbagai perusahaan startup berlomba-lomba menyediakan berbagai kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses berbagai layanan dan jasa yang mereka tawarkan.

    Luat mengatakan bahwa fenomena ini telah membuat masyarakat juga berharap mendapatkan kualitas pelayanan yang sama dari berbagai layanan pemerintahan.

    "Masyarakat kini mengharapkan pemerintah untuk dapat menghasilkan tingkat pelayanan yang sama baiknya di sektor lain," katanya.

    Pemerintah menurutnya terus melakukan transformasi digital dalam meningkatkan kemampuan layanan pemerintah dan industri di Indonesia sehingga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

    Luat menegaskan bahwa pemerintah pusat bersama pemerintah daerah dan sektor industri telah berkomitmen untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

    "Pemerintah pusat berkomitmen membantu pemerintah daerah dan semua sektor industri mencapai mimpi tersebut," tegasnya.

    Luat juga mengapresiasi para narasumber yang hadir dalam workshop ini dan berharap pengetahuan yang didapat bisa mendorong transformasi digital di Indonesia.

    Acara ini menghadirkan beberapa narasumber yang berasal dari Kementerian/Lembaga serta sektor swasta yang bergerak di bidang IT dan startup diantaranya BPPT, Google, Halodoc, dan Cisco.

    Workshop ini dihadiri oleh peserta dari berbagai Kementerian/Lembaga diantaranya Kementerian Kominfo, BRTI, dan Kementerian/Lembaga lain yang terkait dengan TIK dan perdagangan, serta beberapa asosiasi dan pelaku usaha terutama yang bergerak di bidang teknologi.

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    Email: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax: 021-3504024
    Twitter: @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    Website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 205/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Cegah Polarisasi, Menkominfo Dorong Penyebaran Narasi Inklusif

    Menteri Budi Arie mendorong media massa untuk mengembangkan kontranarasi terhadap ancaman intoleransi yang sarat kepentingan politik. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 204/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jaga Legitimasi, Menteri Budi Arie Imbau Masyarakat Terima Hasil Resmi Pemilu

    Menteri Budi Arie mengimbau masyarakat menerima hasil resmi Pemilihan Umum 2024 yang akan diumumkan KPU selambat-lambatnya tanggal 20 Maret Selengkapnya

    Siaran Pers No. 203/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Kembangkan Kebijakan Responsif dan Adaptif, Menkominfo: Libatkan Pemangku Kepentingan

    Menteri Budi Arie menekankan arti penting hubungan timbal balik antara pemerintah dengan pelaku industri. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 202/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menteri Budi Arie Apresiasi Kolaborasi Perkuat Transformasi Digital Pemerintahan

    Menurut Menteri Budi Arie, model kerja sama pemerintah swasta akan memungkinkan kolaborasi keahlian, sumber daya, dan inovasi teknologi terk Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA