FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 03-2020

    295

    Kembangkan Ekosistem Talenta Digital, Dukung Pertumbuhan Startup

    Kategori Berita Kementerian | Yusuf
    Swafoto bersama Menkominfo Johnny G. Plate dalam Peluncuran Grab Venture Cohive Velocity, Jakarta, Selasa (03/03/2020).

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan Indonesia telah dikenal sebagai ladang yang potensial bagi startup untuk berkembang. Hal itu, menurut Menteri Johnny juga didukung dengan upaya pemerintah dalam mengembangkan ekosistem untuk mendukung keberadaan unicorn besar di Asia Tenggara, salah satunya melalui peningkatan talenta digital.

    "Dengan ekosistem dan dukungan pemerintah yang berkelanjutan, peningkatan talenta digital di Indonesia juga menjadi kunci pertumbuhan startup dalam negeri," ujar Menteri Kominfo saat memberi sambutan dalam acara Peluncuran Grab Venture Cohive Velocity, Plaza Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (03/03/2020).

    Menteri Johnny mengapresiasi dukungan Grab dalam mengembangkan talenta digital. “Program Grab Ventures Velocity tentunya menjadi langkah tepat untuk membimbing talenta digital, dan kami berharap dapat mendorong ekonomi digital di Indonesia,” ungkapnya.

    Menteri Johhny di acara Grab Ventures

    Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten menyambut baik dibukanya program GVV Angkatan 3 ini sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi di tanah air. Pemerintah, lanjutnya, telah melakukan upaya berkelanjutan untuk mendukung UKM melalui berbagai pelatihan dan program. “Dengan bantuan teknologi, kami berharap UKM dapat mengembangkan dan memperluas bisnisnya,” jelas Teten.

    Menkop UKM menambahkan, melalui Grab Ventures Velocity, diharapkan nantinya hadir startup-startup potensial yang dapat memberikan solusi digital bagi UKM di bidang restoran untuk dapat menumbuhkan bisnisnya, mengurangi biaya, dan melancarkan operasionalnya; serta startups yang dapat mendigitalisasi dan mengoptimalkan rantai pasokan ke warung. “Bersama, kita dapat membuat dampak sosial bagi UKM ini serta bekerja beriringan dengan pemerintah ke depannya.” ucap Menkop UKM.

    Menkop UKM di Acara Grab Ventures

    Grab melaksanakan Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 3 untuk merangkul bibit unggul startup untuk berkembang melalui akses ke ekosistem Grab. Dalam peluncuran itu, Grab juga melakukan kemitraan strategis dengan BRI Ventures, perpanjangan tangan dalam bidang VC (Venture Capital) dari bank BUMN terbesar, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dalam rangka mendukung pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia.

    Grab Ventures Velocity (GVV) merupakan perpanjangan tangan dari inovasi terbaru dan usaha ventura Grab yang telah dimulai sejak tahun 2018. Tahun ini, GVV Angkatan 3 kembali mengambil tema besar “Memberdayakan Pengusaha Mikro” dengan dua jalur berbeda yaitu Restaurant Value Add Services dan B2B Logistic. Jalur pertama bertujuan untuk merangkul startup yang menghadirkan solusi digital bagi pemilik UKM di bidang restoran untuk  restoran untuk dapat menumbuhkan bisnisnya, mengurangi biaya, dan melancarkan operasionalnya. Jalur kedua menargetkan startup yang dapat menghadirkan disrupsi digital dalam industri logistik dengan inovasi dalam warehousing dan trucking space.

    Menurut Neneng Goenadi Managing Director Grab Indonesiasebagai tulang punggung ekonomi nasional, UKM dan pengusaha mikro masih menghadapi tantangan dan kesenjangan untuk mengelola bisnisnya agar lebih menguntungkan. “UKM ditantang untuk dapat mengelola bisnis mereka dari sisi operasional, misalnya pasokan barang secara efektif untuk dapat meraih keuntungan yang lebih baik.  Hal tersebut yang mendorong kami untuk memilih bidang logistik rantai pasokan dan pengelolaan bisnis menjadi fokus utama kami untuk GVV Angkatan 3 yang juga sejalan dengan upaya Pemerintah untuk membuat UKM lebih maju,” ucapnya. 

    Pendaftaran GVV Angkatan 3 saat ini telah dibuka dan dapat diikuti oleh semua startup di Indonesia dan Asia Tenggara. Startup yang terpilih sebagai Angkatan 3 nantinya akan memperoleh bimbingan dari para ahli C-level di bidang startup serta kesempatan untuk mengetes proyek pilot mereka di platform Grab serta akses kepada basis pelanggan Grab yang luas.(hm.ys)

    Berita Terkait

    Dirut BAKTI Jelaskan Skema Bangun Konektivitas Digital Daerah Terpencil

    Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Anang Achmad Latif mengataka Selengkapnya

    Kominfo Minta Platform Digital Dukung Aktivitas Pelaku UMKM

    Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta penyelenggara platform digital membantu dan memastikan aktivitas pelaku UMKM tetap berjalan d Selengkapnya

    Pemerintah Refocusing Anggaran Dukung Percepatan Covid-19

    Menteri Komunkasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Pemerintah telah memfokuskan kembali (refocusing) anggaran untuk mendukung per Selengkapnya

    Luncurkan Program Belajar di Radio, RRI Dukung Penanganan Covid-19

    Radio Republik Indonesia (RRI) menginisiasi Program Belajar di radio. Program itu menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap kebijakan Peme Selengkapnya