FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 03-2020

    1384

    Menkominfo Imbau Platform Digital Stabilkan Harga Layanan

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengimbau kepada seluruh platform digital agar ikut memantau dan menjaga ketersediaan harga barang dan jasa tetap stabil selama Pandemi Covid-19.

    “Pemerintah mengimbau agar harga barang dan jasa di platformnya tidak ada kenaikan yang tidak terkendali,” tutur Menteri Johnny dalam Konferensi Pers secara online mengenai Dukungan Platform Digital Memudahkan Proses Social Distancing: Bekerja, Belajar dan Beribadah di Rumah, dari Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Senin (23/03/2020).

    Merespons imbauan tersebut,  platform digital yang bersentuhan langsung dengan pelayanan barang dan jasa secara daring, berkomitmen menjaga stabilitas layanannya. 

    “Kami proaktif menghimbau para merchant untuk melakukan praktek etika bisnis yang baik, ikut serta menjaga ketersediaan barang, juga menjaga harga supaya tidak melambung terlalu tinggi,” kata Co-founder and Vice-Chairman Tokopedia, Leontinus A. Edison.

    Tokopedia, kata Edison, akan terus mendeteksi melalui kemampuan big data ketika ditemukan adanya kenaikan harga barang dan jasa yang melampaui etika dalam berbisnis.

    "Kami bisa blokir otomatis, kemudian jika masih lolos dari sistem, kami mempunyai fitur 'Laporkan'. Walaupun tim kami work from home, kita standby untuk selalu mereview semua laporan yang masuk, dan kita akan swiping  berdasarkan standar dan aturan yang berlaku,” tegasnya.

    Lebih lanjut, Edison mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen mendukung imbauan pemerintah agar secara bersama-sama menghadapi wabah Covid-19. Sehingga selain menjaga etika bisnis yang baik, Tokopedia sejak 16 Maret lalu telah menjalankan Work From Home.

    “Walaupun kami bekerja dari rumah, 100% full capacity telah menjadi komitmen kami dalam memberikan layanan kepada pengguna Tokopedia, dan kepada masyarakat Indonesia pada umumnya,” jelasnya.

    Tokopedia juga terus berkoordinasi dengan mitra kerjanya untuk mengikuti prosedur yang sesuai dengan standar kesehatan dan kebersihan yang baik, “Seperti misalnya secara reguler disemprot desinfektan, kurir pengantar juga secara reguler menggunakan masker, dan mencuci tangan dengan Hand sanitizer,” imbuhnya.

    Berita Terkait

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA