FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 04-2020

    3962

    Game Terbaik Ajang Cipta Game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja”

    SIARAN PERS NO.56/HM/KOMINFO/04/2020
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No.56/HM/KOMINFO/04/2020

    Kamis, 16 April 2020

    tentang

    Game Terbaik Ajang Cipta Game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” 

    Awal April 2020, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Clevio menggelar ajang cipta game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja”. Dalam ajang yang didukung Garena, Maingame.com dan Telkomsel itu, Kementerian Kominfo mengajak masyarakat untuk mengasah kreativitas dalam membuat game. Game itu akan dimanfaatkan sebagai sarana sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Pandemi Covid-19.

    Mengusung tema “Mari Bersama Melawan Covid-19: Hidup Bersih, Sehat, dan Seru”, ajang itu bertujuan membantu sosialisasi melawan, mencegah, dan meminimalkan dampak pandemi melalui media interaktif video game yang bisa diakses siapa saja. Media itu ditargerkan menjadi komplemen media konvensional untuk menyosialisasikan cara pencegahan penyebaran Covid-19. Sesuai tema, ajang itu digelar secara online untuk mendukung program pemerintah bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan berdoa di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

    AyoBikinGamediRumahAja terdiri atas dua kategori, yaitu kategori junior untuk siswa SD, SMP dan SMA/SMK dan kategori mahasiswa/umum. Masing-masing peserta harus membentuk tim dan bekerja sama selama tiga hari, mulai tanggal 2 April hingga 5 April 2020 untuk menghasilkan purwarupa game yang bisa dimainkan. Masyarakat juga dilibatkan dalam menentukan game favorit dengan cara memberikan suara atau voting terhadap karya-karya yang berpartisipasi.

    “Setelah melihat game yang dihasilkan oleh peserta dan dibuat dalam waktu tiga hari, ini sungguh memperlihatkan bahwa kondisi kita harus beraktivitas di rumah tidak menjadi kendala untuk belajar hal baru, dan juga menghasilkan karya yang bermanfaat,” ungkap Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, di Jakarta.

    Dirjen Semuel mengharapkan pemenang dan seluruh peserta mendapatkan manfaat terhadap perkembangan kemampuan mereka dalam membuat game. "Yang tentunya bagus bagi masa depan industri game developer Indonesia. Dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini, kami mengharapkan apresiasi yang didapatkan pemenang akan mendorong mereka untuk mau berbagi dengan saudara-saudara kita yang membutuhkan. Mereka-mereka yang terdampak kehidupannya akibat Covid-19 ini bisa kita tolong secara bersama-sama,” harap Dirjen Aptika.

    Menurut Ketua Umum AGI, Cipto Adiguno, program itu menjadi salah satu bentuk nyata kolaborasi pemerintah dan asosiasi untuk menangani dampak Pandemi Covid-19. “Selain mendorong kreativitas masyarakat yang mungkin terhambat karena harus tetap di rumah, diharapkan karya-karya yang dihasilkan, baik pemenang maupun tidak, mampu mengedukasi masyarakat tentang tidak hanya bahaya COVID-19, tapi juga efek samping berdiam diri di rumah dalam waktu lama dan cara-cara menanggulanginya,” jelasnya.

    Pilihan Game Terbaik

    Dalam ajang Ajang Cipta Game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” tercatat 238 karya tercipta yang dikirimkan. Sebanyak 131 karya dari kategori umum dan 107 karya dari kategori junior. Peserta yang mengirimkan karya tersebar dari seluruh Indonesia. Mulai dari ujung barat Langsa di Banda Aceh hingga Malili di Luwu Timur. Bahkan ada juga seorang mahasiswa Indonesia peserta kategori umum yang tengah menempuh pendidikan di kota Kitakyushu, Jepang ikut serta membuat game di acara ini. Tercatat, peserta termuda dari ajang ini adalah seorang anak kelas 2 SD berusia 7 tahun. 

    Setelah melalui proses penjurian dan juga voting masyarakat, berikut adalah daftar game-game terbaik yang nantinya akan mendapatkan apresiasi atas dukungan Garena Indonesia (www.garena.co.id), Maingame (www.maingame.com), dan Telkomsel (www.telkomsel.co.id), purwarupa game dapat diunduh di bit.ly/katalogAyoBikinGame.

    Berikut  daftar pemenang untuk setiap kategori:

    Kategori SD

    • Pemenang Pertama: Fight the Virus (Anneke Nazeeya Setiawan)
    • Pemenang Kedua: Attack on Corona (Ananda Tri Noviar Rahmadanu Pangestu)

    Kategori SMP

    • Pemenang Pertama: Mr Sprayman (Aghnat Hasya Sayyidina)
    • Pemenang Kedua: Social Distancing The Game (Gavin Malik Setiawan)

    Kategori SMA

    • Pemenang Pertama: Di Rumah Aja (Raihanita Damayanti)
    • Pemenang Kedua: Sijaro (Wiaji Robian Dwi Cahya)

    Pemenang Favorit Junior: Petualangan Covid-19 (Akbar Wicaksono)

    Kategori Umum

    • Pemenang Pertama: Stay - A Cute but Anxious Girlfriend Simulator (Fajri Rahmadhany) 
    • Pemenang Kedua: Safey Shoppy (Vinda D Zoebir)
    • Pemenang Ketiga: Fight Covid-19 (Andrie Nata. S)
    • Pemenang Favorit Umum: Planet Covid (Kevin Jaya Wiguna) 

    CEO dari Maingame.com, Anton Soeharyo menilai karya game pemenang pertama kategori umum, Fajri Ramadhany memiliki keindahan visual dan musik. "Pada akhirnya kami harus memilih satu pemenang karya Fajri, Stay- A cute but anxious girlfriend simulator sebagai pemenang pertama. Game ini berhasil meng-capture atensi gamers dengan alur cerita dan edukasi yang diberikan tentang pandemi ini. Good luck dan selamat untuk Dhanny!” ungkapnya. 

    Menurut Antoh Soeharyo yang juga menjadi juri ajang cipta game itu, hasil dari kompetisi yang berlangsung selama tiga hari sangat membanggakan karena telah melahirkan banyak karya game anak bangsa yang hebat. “Sangat sulit bagi para juri untuk memilih pemenang. Bagi kami semua peserta adalah pemenang karena mereka memilih #DirumahAja dan berkarya positif melawan wabah Covid-19,” lanjutnya.

    Co-Founder/CEO Clevio Fransiska Oetami mengapresuasi antusiasme para peserta dari berbagai penjuru Indonesia. "Meskipun waktu sosialisasinya sangat singkat. Karya-karya yang terkumpul banyak banget yang luar biasa. Terus terang bangga sekali melihat bagaimana anak-anak Indonesia bisa menuangkan ide-ide kreatif dan positif melalui game untuk mengedukasi masyarakat tentang wabah Covid-19 yang sedang kita hadapi ini,” ungkapnya.

    Bahkan menurut Oetami, juri mendapatkan tantangan tersendiri untuk menilai siapa yang terbaik. "Karena game-gamenya keren-keren sekali, sarat nilai edukatif dan pastinya seru, lucu, asyik dimainkan. Selamat untuk para pemenang #ayobikingame #dirumahaja, juga terima kasih untuk semua peserta yang sudah ikut, terima kasih untuk kreativitas dan semangat kalian menebar inspirasi lewat serunya bermain game," tuturnya.

    Fransiska Oetami bahkan menunggu karya selanjutnya dari game developer Indonesia. "Kalian sudah menunjukkan bagaimana dengan teknologi, tidak ada batas jarak maupun usia untuk berkarya, bahkan di masa sulit sekalipun. Kami tunggu karya-karya kalian selanjutnya di clev.io!” ajaknya.

    Informasi lebih lanjut mengenai Ajang Cipta Game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” dapat mengakses laman https://agi.or.id/ayobikingame.

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

     

    Lampiran

    Katalog Game Terbaik Ajang “Ayo Bikin Game di Rumah Aja”

    Tercatat ada 238 karya tercipta dalam Ajang Cipta Game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” ini. Rinciannya ada 131 karya dari kategori umum dan 107 karya dari kategori junior. Setelah melalui proses penjurian dan juga voting masyarakat, berikut adalah daftar game-game terbaik yang bisa langsung diunduh dan dimainkan. 

    Kategori SD

    Pemenang Pertama: Fight the Virus (Anneke Nazeeya Setiawan)

    Banyak orang masih belum sadar kalau untuk memerangi Covid-19, kita memerlukan masker dan sabun untuk cuci tangan (hand sanitizer) dan juga desinfektan untuk mematikan virus. Dengan memainkan game ini orang diharapkan mengerti dan sadar bahwa ketiga alat tersebut (masker, hand sanitizer, dan disinfektan) sangatlah penting. Game ini juga mengajak pemain untuk membagikan masker kepada yang belum punya masker sehingga semua orang lebih terlindungi lebih baik.

    Link download: https://bit.ly/fightTheVirus(PC)


    Pemenang Kedua: Attack on Corona (Ananda Tri Noviar Rahmadanu Pangestu)

    Attack On Corona adalah game yang dimana pemain diharuskan untuk membunuh virus corona (covid - 19) dengan cara mengklik atau menekan semua serum yang tampil.

    Link download:https://bit.ly/AttackCorona (Mobile Android)

     

    Kategori SMP

    Pemenang Pertama: Mr Sprayman (Aghnat Hasya Sayyidina)

    Kamu adalah manusia terakhir setelah pandemi corona yang baru saja memusnahkan hampir seluruh populasi manusia di Bumi. Berita baiknya kamu tidak perlu mengkarantina diri lagi. Berita buruknya kau harus keluar dari persembunyianmu karena corona telah berevolusi. Bertempat di masa depan dimana vaksin corona sama sekali belum ditemukan dan kamu adalah harapan terakhir untuk membebaskan Bumi dari virus ini. Basmi musuh-musuhmu dari minion hingga si Boss Corona sendiri dengan spray gun yang sudah dimodifikasi. Cepat - lambat corona akan menguasai Bumi dan itu semua tergantung padamu.

    Link download:https://bit.ly/MrSpraymanSMP (PC)

    Pemenang Kedua: Social Distancing The Game (Gavin Malik Setiawan)

    Social Distancing (jaga jarak, jauhi kerumunan, diam di rumah) sampai saat ini adalah cara yang paling ampuh untuk melawan Covid 19 selama vaksin belum ditemukan. Hanya saja banyak yang belum sadar pentingnya social distancing dan bahaya dari Covid 19. Misi game ini adalah player harus pulang ke rumah dengan aman dengan jaga jarak dari (tidak menyentuh) orang lain. Jika player terkena orang sakit atau orang dengan Covid 19 yang tanpa gejala, maka player kalah (animasi orang mati). Dengan memainkan game ini pemain diharapkan sadar bahaya Covid 19 dan juga bahaya mendekati orang sakit dan juga orang yang terlihat sehat tetapi sebenarnya membawa virus Covid 19. Di dalam game ini juga ada edukasi pentingnya cuci tangan.


    Kategori SMA

    Pemenang Pertama: Di Rumah Aja (Raihanita Damayanti)

    Game ini dibuat sehubungan dengan adanya isu Covid-19 yaitu penyakit pandemi yang sekarang sudah tersebar di berbagai wilayah di dunia termasuk Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut, pemerintah kita mempopulerkan tagar #dirumahaja untuk menghimbau masyarakat akan pentingnya social distancing. Dalam game ini, Anda akan berperan sebagai polisi yang menghimbau masyarakat akan pentingnya perintah social distancing. Anda wajib meyakinkan masyarakat dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah ini.

    Link download: https://bit.ly/DiRumahAjaSMA (PC) 

    Pemenang Kedua: Sijaro (Wiaji Robian Dwi Cahya)

    Kurangnya pemahaman tentang gejala virus corona oleh masyarakat Indonesia menyebabkan banyaknya kesalahan dalam penanganannya. Game ini dibuat untuk memberi edukasi/ pemahaman tentang gejala virus corona dan penangannya dengan lebih menarik dan mudah dipahami. Cara bermain: diberikan contoh gejala virus corona dan pilih salah satu penanganan yang tepat untuk gejala tersebut.

    Link download: https://bit.ly/SijaroSMA (Mobile Android)

     

    Pemenang Favorit: Petualangan Covid-19 (Akbar Wicaksono)

     

    Dalam game ini, kamu harus membantu abil pulang kembali ke rumah dengan tetap sehat tanpa mengenai virus.

    Link download: https://bit.ly/PetualanganCovid19(Mobile Android)

     

    Kategori Umum

    Pemenang Pertama: Stay - A Cute but Anxious Girlfriend Simulator (Fajri Rahmadhany)

    Saat pacar kita terisolasi di kos karena dia merantau dan tidak bisa pulang kampung karena tidak diizinkan. Dalam game ini, pemain harus melakukan berbagai hal dari rumah mulai dari makan, bekerja hingga belajar. Pemain harus tetap menjaga indeks kebahagiaan dan kesehatan agar tetap seimbang.

    Video Gameplay:https://www.youtube.com/watch?v=dTlMXsvpxrA

    Link download: https://bit.ly/AnxiousGirlfriendUmum (Mobile Android)

    Pemenang Kedua: Safey Shoppy (Vinda D Zoebir)

    Di saat disuruh ibu belanja bahan makanan ke supermarket di tengah maraknya virus Covid-19, pemain harus mengikuti petunjuk pemerintah dan patuhi aturan agar tetap aman, sehat dan terjaga dari bahaya virus yang sedang menyerang.

    Video Gameplay:https://www.youtube.com/watch?v=eakK0LU9kVQ

    Link download: https://bit.ly/SafeyShoppyUmum (Mobile Android)

    Pemenang Ketiga: Fight Covid-19 (Andrie Nata. S)

    Dalam game ini, pemain berperan sebagai donatur yang akan memberikan bantuan kepada masyarakat untuk memerangi wabah Covid-19. Pemain harus memberikan donasi yang tepat sesuai dengan yang diminta oleh masyarakat.

    Video Gameplay:https://www.youtube.com/watch?v=OevZJOV6fX8

    Link download: https://bit.ly/FightCovidUmum (Mobile Android)

     

    Pemenang Favorit: Planet Covid (Kevin Jaya Wiguna)

    Planet Covid adalah sebuah game tap tap, dimana player berperan sebagai raja yang mengatur pembangunan rumah sakit, strategi pemakaian disinfectant, dan sebagainya untuk menekan jumlah kematian korban COVID-19.

    Video Gameplay:https://www.youtube.com/watch?v=Egh4bc5PwNQ

    Link download:https://bit.ly/PlanetCovidUmum (Mobile Android)

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 321/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Kominfo Kembangkan IDTH Jadi Pusat Inovasi Perangkat Digital Nasional

    Presiden Joko Widodo mendorong IDTH menjadi pusat inovasi agar dapat menjadikan produk perangkat digital dalam negeri mampu bersaing dengan Selengkapnya

    Siaran Pers No. 320/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Sertifikasi Gratis UMKM, Presiden: Jadikan IDTH Penguat Ekosistem Teknologi Digital Lokal

    IDTH merupakan transformasi dari Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 319/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Tingkatkan Kualitas SDM, Wamenkominfo Dorong Pusat Riset dan Pengembangan AI

    Pemerintah mendorong pembangunan pusat riset dan pengembangan AI untuk melakukan transfer teknologi dan pengetahuan di bidang AI. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 318/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Wamen Nezar Patria: Manfaatkan AI untuk Majukan Bangsa

    Saat ini di Indonesia terdapat sekitar 26,7 juta orang pekerja telah terbantu dengan keberadaan teknologi AI dalam menjalankan pekerjaan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA