FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 05-2020

    4602

    [HOAKS] Penggunaan Masker Dapat Menyebabkan Hipoksia

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar informasi di media sosial mengenai penggunaan masker yang dapat menyebabkan hipoksia, yaitu keadaan dimana seseorang kekurangan pasokan oksigen di dalam sel dan jaringan tubuh.

    Faktanya dilansir dari antaranews.com, informasi terkait masker dapat menyebabkan hipoksia tidaklah benar. Hoaks tersebut telah menyebar di 10 negara, antara lain Meksiko, Venezuela, Colombia, Chili, Argentina, Ekuador, Guatemala, Spanyol, Brazil dan Perancis. Asosiasi pemeriksaan fakta internasional, melalui situs poynter.org menyatakan setidaknya ada lima artikel yang telah dicek para pemeriksa fakta di dunia pada 30 April hingga 13 Mei 2020. Hasilnya mereka mengonfirmasi tidak ada risiko hipoksia dalam penggunaan masker. Salah satu tim pemeriksa fakta menjelaskan bahwa hipoksia bukan disebabkan oleh penggunaan pelindung mulut, masker, atau filter. Melainkan, hanya dapat disebabkan oleh merokok, menghirup gas, atau mengekspos diri ke tempat yang tinggi. Adapun penggunaan masker selama masa pandemi Covid-19 justru merupakan anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai upaya untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter :

    https://www.antaranews.com/berita/1494984/masker-dapat-menyebabkan-hipoksia-ini-faktanya 

    https://gaya.tempo.co/read/1342866/hoaks-masker-sebabkan-kekurangan-oksigen-cek-faktanya/full&view=ok

    https://www.poynter.org/fact-checking/2020/it-is-not-true-that-masks-cause-hypoxia-this-hoax-is-now-viral-and-dangerous/


    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Gas LPG Ukuran 3 Kg yang Berisikan Air

    Selengkapnya

    [HOAKS] Rumah di Kampung Ponton, Kota Palangkaraya Dibakar

    Selengkapnya

    [HOAKS] Akun Facebook dan WhatsApp Mengatasnamakan Brigjen Pol Yehu Wangsajaya

    Selengkapnya

    [HOAKS] Kota Sabang Diguncang Gempa, Ribuan Warga Sekarat

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA