FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 06-2020

    1835

    [DISINFORMASI] Isi Tulisan yang Berjudul Dugaan Konspirasi Covid-19 Bukan Isapan Jempol

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah tulisan panjang berjudul "Cerita Unik tentang Covid-19 : Indikasi bahwa Dugaan Konspirasi Bukan Isapan Jempol". Tulisan itu mengulas hal-hal yang diklaim sebagai indikasi bahwa pandemi Covid-19 hanyalah sebuah konspirasi. Tulisan yang diunggah di akun Facebook tersebut berisi beberapa klaim antara lain tidak ada tragedi Covid-19 di Pekalongan, Jawa Tengah, meskipun warganya tidak mematuhi protokol pencegahan Covid-19. Tulisan itu juga menyinggung penggunaan minyak kayu putih serta vitamin C dan E sebagai obat pasien Covid-19. Selain itu tulisan tersebut menyinggung banyaknya pasien meninggal yang "dipaksakan" masuk dalam kategori "meninggal karena Covid-19".

    Dikutip dari cekfakta.tempo.co isi tulisan berjudul "Cerita Unik tentang Covid-19: Indikasi bahwa Dugaan Konspirasi Bukan Isapan Jempol" tersebut menyesatkan. Dalam tulisan itu memang terdapat beberapa data yang benar, seperti 25 pasien Covid-19 di RS Dokter Haryoto Lumajang yang sembuh dan anggaran yang disediakan pemerintah untuk menangani pasien Covid-19. Namun, fakta-fakta  tersebut dikaitkan dengan data lain yang keliru dan tidak berbasis penelitian ilmiah sehingga menyesatkan publik.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/818/fakta-atau-hoaks-benarkah-isi-tulisan-yang-berjudul-dugaan-konspirasi-covid-19-bukan-isapan-jempol

    Berita Terkait

    [HOAKS] Jepang Resmi Melarang Vaksinasi Covid-19 Berbasis mRNA

    Selengkapnya

    [HOAKS] Uang Baru Hasil Redenominasi Dikeluarkan saat Lebaran 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Thailand Peringatkan Vaksinasi Covid-19 Sebabkan Kanker dan Tumor Otak

    Selengkapnya

    [HOAKS] Hasil Sidang Berhasil Buktikan Ijazah Palsu Presiden Jokowi

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA