FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 07-2020

    142

    [HOAKS] Pernyataan WHO "Pasien Corona Tidak Perlu Diisolasi karena Tidak dapat Mentransmisikan ke Orang Lain"

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah video di Facebook disertai informasi berbahasa inggris yang mengklaim bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan jika pasien Covid-19 tidak perlu diisolasi dan dikarantina. Dalam informasi juga disebut jarak sosial tidak diperlukan karena Covid-19 tidak dapat ditransmisikan dari orang ke orang.

    Faktanya informasi yang disertakan pada video tersebut adalah salah. Dilansir dari reuters.com, video yang disebarkan tersebut merupakan video Dr. Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis WHO yang telah dipotong dan digabungkan dengan video lain sehingga menimbulkan persepsi yang keliru. WHO sendiri telah menyatakan bahwa isolasi dan karantina adalah tindakan penting dalam penanganan Covid-19 untuk menghindari menulari orang lain. Menurut pedoman WHO, bukti saat ini menunjukkan bahwa sebagian besar penularan Coronavirus terjadi dalam kontak dekat antara orang ke orang, untuk itu social distancing, isolasi dan karantina adalah upaya yang sangat penting. 

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-who-transmission/fact-check-the-world-health-organization-did-not-say-covid-19-cant-transmit-from-person-to-person-idUSKBN2492YC

    Berita Terkait

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Wakil Bupati Langkat Menawarkan Mobil

    Selengkapnya

    [HOAKS] Memakai Masker Terlalu Lama Dapat Menyebabkan Radang Selaput Dada

    Selengkapnya

    [HOAKS] Percobaan Vaksin di Indonesia Karena Lab China Kehabisan Monyet

    Selengkapnya

    [HOAKS] Mengkonsumsi Soda Kue Dapat Meningkatkan Stamina

    Selengkapnya