FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 07-2020

    181

    Presiden Serahkan Hewan Kurban di Masjid Istiqlal

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo - Presiden Joko Widodo menyerahkan hewan kurban untuk disembelih pada Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah kepada panitia di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (30/07/2020). Penyerahan hewan kurban secara simbolis dilakukan oleh Menteri Agama Fachrul Razi yang mewakili Presiden dan Wakil Presiden.

    “Saya secara khusus menyerahkan kepada Bapak Imam Besar untuk hewan kurban ini disembelih dan dibagikan dagingnya kepada mereka yang berhak,” kata Menteri Agama.

    Pada Iduladha tahun ini yang diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19, Menteri Agama berpesan agar daging hewan kurban dibagikan sebanyak-banyaknya kepada fakir miskin dan yang membutuhkan.

    “Kita selalu berpesan kepada seluruh umat Indonesia yang berkurban bahwa dagingnya, karena memang situasi kita seperti ini, hendaknya sebanyak-banyaknya diberikan kepada fakir miskin atau kepada mereka yang terdampak Covid-19,” jelasnya.

    “Kita berterima kasih kepada Bapak Presiden yang dalam situasi Covid-19 ini berkenan untuk menitipkan kurbannya di Masjid Istiqlal yang kita banggakan ini,” imbuhnya.

    Untuk diketahui, hewan kurban Presiden yang diserahkan di Masjid Istiqlal adalah sapi berjenis peranakan ongole. Sapi ini berasal dari Tulang Bawang, Lampung, dan memiliki bobot 1.088 kilogram. Selain di Masjid Istiqlal, Presiden juga berkurban di banyak tempat.

    Turut hadir dalam acara penyerahan hewan kurban tersebut antara lain Imam Besar Masjid Istiqlal K.H. Nasaruddin Umar dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.

    Sapi Kurban dari Wapres

    Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin juga melaksanakan kurban di Masjid Istiqlal berupa sapi yang berjenis Peranakan Ongole (PO) dengan bobot 936 kg.

    Hewan kurban tersebut telah diserahkan oleh Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Wakil Presiden, Guntur Iman Nefianto, kepada Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid. Sapi kurban tersebut lalu diserahkan kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar untuk selanjutnya dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha.

    Seperti hari raya Idul Fitri kemarin, dalam suasana pandemi Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) ini, Wapres mengajak seluruh umat Islam untuk merayakan Idul Adha dengan khidmat dan tetap menerapkan protokol kesehatan, baik dalam pelaksanaan salat maupun penyembelihan hewan kurban.

    “Marilah kita rayakan [Idul Adha] dengan tetap memegang aturan-aturan kesehatan dan marilah kita perkuat iman dan ketakwaan kita,” pesan Wapres. 

    Berita Terkait

    Presiden Salat Iduladha di Halaman Wisma Bayurini

    Pelaksanaan salat dilakukan dengan menjaga jarak antarjemaah dan menjalankan protokol kesehatan lainnya secara ketat. Selengkapnya

    Presiden Dorong Pamong Praja Muda Ciptakan Budaya Kerja yang Lebih Inovatif

    Pamong praja muda diharapkan dapat memberikan nuansa dan pemikiran yang berbeda yang ikut memacu birokrasi menempuh jalan yang efisien. Selengkapnya

    Presiden: Secepatnya Berikan Bantuan bagi Koperasi dan UMKM

    Pemerintah menyiapkan pembiayaan koperasi sebesar Rp1 triliun di masa pemulihan ekonomi. Selengkapnya

    Pesan Khusus Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana di Hari Anak Nasional 2020

    Hari ini masyarakat Indonesia memperingati Hari Anak Nasional. Dalam peringatan yang ditujukan untuk menumbuhkan kepedulian terhadap perlind Selengkapnya