FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 10-2020

    250

    Lanjutkan Kolaborasi, Tingkatkan Daya Saing UMKM

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Mendag Agus Suparmanto mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, UMKM diharapkan mampu memainkan perannya sebagai penopang perekonomian bangsa, ikut serta menggerakkan ekonomi, dan menjaga daya beli masyarakat. UMKM harus bisa menangkap peluang ketika terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat dengan adanya kebijakan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). - (Biro Humas Kemendag)

    Yogyakarta, Kominfo - Kementerian Perdagangan kembali menandatangani perjanjian kerja sama untuk mendorong peningkatan daya saing produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan grup perhotelan Accor PT AAPC Indonesia, PT Bank Negara Indonesia (Persero), dan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

    Penandatanganan disaksikan secara langsung oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto didampingi Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga di The Phoenix Hotel Yogyakarta-MGallery, Yogyakarta, DIY, Jumat (16/10/2020). 

    “Pemerintah memerlukan dukungan dari banyak pihak untuk dapat memberikan kemudahan dalam memasarkan dan membantu pembiayaan UMKM sebagai penggerak ekonomi Indonesia. Perjanjian kerja sama ini diharapkan dapat turut serta mendukung program Bangga Buatan Indonesia (BBI), yaitu dengan membeli kebutuhan hotel dari para pelaku UMKM,” kata Mendag Agus. 

    Mendag Agus mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, UMKM diharapkan mampu memainkan perannya sebagai penopang perekonomian bangsa, ikut serta menggerakkan ekonomi, dan menjaga daya beli masyarakat. UMKM harus bisa menangkap peluang ketika terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat dengan adanya kebijakan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). 

    “Nilai konsumsi dalam negeri yang besar dapat memberikan kontribusi dan membantu UMKM untuk tetap bertahan, beradaptasi, bahkan berkembang dalam situasi kebiasaan baru,” ujar Mendag Agus. 

    Mendag Agus berharap, langkah yang diambil PT AAPC Indonesia dengan seluruh jaringan perhotelannya dapat menjadi inspirasi bagi hotel lainnya di Indonesia dan terus tumbuh menjadi perusahaan besar yang menggandeng UMKM dalam menjalankan usahanya.

    Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra menambahkan kegiatan ini merupakan tindak lanjut nyata Kementerian Perdagangan mendorong peningkatan konsumsi penggunaan produk dalam negeri, khususnya produk-produk yang dihasilkan UMKM karya anak bangsa. 

    Sementara itu, Garth Simmons di lokasi terpisah menyampaikan bahwa sejalan dengan semangat dan inisiatif grup, Accor berkomitmen memberikan kontribusi di mana Accor berada, kapanpun bahkan di situasi pandemi yang penuh tantangan ini. 

    “Melalui kolaborasi ini, kami siap mendukung UMKM dan semua pihak terkait khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, termasuk memberikan pelayanan akomodasi yang aman dan higienis,” ujarnya. 

    Kepala Disperindag Provinsi DIY Aris Riyanta menambahkan, penandatanganan kerja sama hari ini adalah momentum yang baik menuju UMKM tangguh dan berkelanjutan dalam upaya membangun kekuatan dan kedaulatan ekonomi. “Pemerintah Daerah Provinsi DIY sangat mendukung kerja sama ini. Kami harap, sinergi ini akan meningkatkan semangat dan motivasi para eksportir dan pelaku UMKM di Yogyakarta,” ujar Aris.

    Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan oleh Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perdagangan Ida Rustini, Kepala Disperindag Provinsi DIY Aris Riyanta, Vice President Sales Marketing Distribution and Loyalty Accor Indonesia, Malaysia, Singapura Adi Satria, Pemimpin Kantor Wilayah Yogyakarta PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Moh. Hisyam. Penandatanganan perjanjian kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman bersama yang ditandatangani antara Direktorat P3DN Kementerian Perdagangan dengan PT AAPC Indonesia, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, serta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Semarang, pada Kamis (15/10/2020) kemarin. 


    Berita Terkait

    Kembangkan Pertanian Berkelanjutan untuk Tingkatkan Pendapatan Petani

    Dalam kunjungan kerja kali ini, Presiden meninjau pengembangan lumbung pangan yang berada di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabup Selengkapnya

    Tutup Celah Korupsi dengan Transformasi Digital dan Budaya Kerja

    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyatakan digitalisasi dalam tata kelola pemerintahan d Selengkapnya

    Peluncuran Bansos Produktif Jadi Momentum Perbaikan Data UMKM

    Untuk menghidupkan kembali produktivitas UMKM akibat Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah meluncurkan stimulus berupa Ba Selengkapnya

    Bangkitkan Semangat Maritim, Kemenko Marves Rayakan Hari Maritim Nasional ke-56

    Untuk mengingatkan kembali dan membangkitkan semangat generasi muda, bertepatan dengan Hari Maritim Nasional, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Selengkapnya