FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 11-2020

    631

    Penyuntikan Vaksin Covid-19 Dihalangi? Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo - Sebuah konten di media sosial mengisahkan klaim vaksin covid 19 dihalangi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM ). Konten itu disertai narasi, “Vaksin corona sudah siap diberikan, eh sekarang terhalang oleh BPOM”.

    Hasil penelusuran fakta Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informaytika menemukan bahwa klaim yang menyebut BPOM menghalangi vaksin Covid-19 adalah salah. Hingga saat ini memang belum ada izin edar untuk vaksin covid-19.

    Setelah ditelusuri lebih lanjut, ditemukan artikel berjudul “BPOM Ungkap Syarat Emergency Use Authorization pada Vaksin COVID-19 di Indonesia” yang tayang 23 Oktober 2020 di Liputan6.com.

    BPOM memastikan vaksin boleh disuntikkan jika sudah izin EUA untuk keamanan. Dalam artikel itu BPOM menjelaskan vaksin Covid-19 bisa disuntikkan jika sudah ada Emergency Use Authorization (EUA). EUA merupakan persetujuan penggunaan obat atau vaksin yang belum mendapatkan izin edar keadaan darurat atau emergensi.

    “Ada beberapa aspek yang BPOM nilai untuk memberikan EUA, yakni dengan melakukan evaluasi data mutu, data klinis serta informasi lain terkait dengan hal tersebut. Ini dasar pemberian EUA untuk vaksin itu,” tegas Direktur Registrasi Obat BPOM, Lucia Rizka Andalusia.

    Berikut laporan isu hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Selasa (03/11/2020):

    1. BPOM Halangi Penyuntikan Vaksin Covid-19
    2. Jawa Barat Jadi Daerah Pertama yang Disuntik Vaksin Covid-1
    3. Foto Pesan SBY untuk Pemerintah
    4. Video Pemuda Bakar Mobil Miliknya karena Buatan Prancis
    5. Beredar Video Prabowo Kecewa 2 Anggota TNI Dipukul Pengendara MOGE
    6. Prabowo Gugat Polri Soal Penangkapan Aktivis KAMI
    7. Video Penguburan Massal Produk Prancis

    Berita Terkait

    Gempabumi Magnitudo 9,8 Guncang Labuan Bajo? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim yang beredar tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    SE BI Tak Layani Tukar Uang Baru, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Detik-detik Jembatan Suramadu Ambruk, Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim Jembatan Suramadu ambruk ditabrak kapal kargo adalah tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA