FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 03-2021

    259

    Perkuat Koordinasi dan Sinergitas Penanggulangan Karhutla

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Jakarta, Kominfo – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Moh. Mahfud MD menyampaikan arti penting penguatan koordinasi dan sinergitas dalam penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2021.

    Menko Polhukam menyampaikan Karhutla merupakan hal yang sudah terjadi sejak dahulu dan berulang setiap tahun di beberapa wilayah di Indonesia. Pemerintah juga berkomitmen untuk melaksanakan penanggulangan Karhutla sebagai wujud kehadiran negara bagi masyarakat.

    “Kebakaran hutan dan lahan memberikan dampak yang luar biasa di berbagai sektor baik kesehatan, ekonomi, pendidikan, transportasi, sosial hinggal politik,” jelas Menko Polhukam saat memberikan sambutan kunci dalam Sharing Knowledge Rakornas Penanggulangan Bencana tahun 2021 di Jakarta, Jumat (05/03/2021).

    Menko Mahfud mengungkapkan bahwa pada Januari 2021 telah terjadi 137 peristiwa Karhutla yang tersebar di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimatan Tengah, Sulawesi Tenggaran, dan Papua.

    “Kemenko Polhukam memiliki tugas untuk mengoordinasikan kebijakan penanggulangan Karhutla secara terencana, terpadu, dan menyeluruh. Mengoordinasikan dan mengendalikan K/L dalam upaya penanggulangan Karhutla, dan melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap penanggulangan Karhutla,” terangnya.

    Sesuai dengan pelaksanaan Inpres No. 3 tahun 2020, Kemenko Polhukam telah melaksanakan Rapat Koordinasi Khusus membahas Evaluasi dan Antisipasi Karhutla tahun 2021, Pemantauan dan Pengendalian di daerah rawan Karhutla, dan Kemenko Polhukam juga telah memberikan rekomendasi kebijakan dalam rangka penanggulangan Karhutla setiap tahun.

    Berita Terkait

    Presiden Tinjau Panen Padi dan Berdialog dengan Petani di Indramayu

    Presiden Joko Widodo meninjau aktivitas panen padi di kawasan pertanian yang berada di Desa Wanasari, Kecamatan Bangodua, Kabupaten Indramay Selengkapnya

    Transformasi Digital Pelayanan Publik Harus Utamakan Kepentingan Publik

    Transformasi digital menjadi sebuah adaptasi yang terus dipercepat pelaksanaannya oleh pemerintah, tak terkecuali dalam sektor pelayanan pub Selengkapnya

    Wapres Ajak Konsumen dan Produsen Tingkatkan Pemahaman

    Momentum Peringatan Hari Konsumen Nasional 2021, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengajak, seluruh masyarakat dapat meningkatkan pemaha Selengkapnya

    Peniadaan Mudik, Menag: Pemerintah Ingin Lindungi Warga

    Hukum mudik adalah sunah. Sementara menjaga kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan ialah wajib. Maka, perkara wajib jangan sampai digugurk Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA