FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 09-2021

    303

    [DISINFORMASI] CDC Memperingatkan Wabah Penyakit Mirip seperti Polio pada Tahun 2021

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan:

    Sebuah artikel dibagikan ratusan kali di media sosial dengan klaim bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) telah memperingatkan wabah penyakit yang mirip seperti polio yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2021. Beberapa pengguna media sosial turut mengaitkannya sebagai reaksi yang merugikan dari vaksin Covid-19. 

    Faktanya klaim tersebut adalah keliru. Dilansir dari AFP, CDC tidak mengeluarkan peringatan seperti itu pada tahun 2021. Klaim tersebut tampaknya didasarkan pada peringatan yang dikeluarkan CDC tentang Acute Flaccid Myelitis (AFM) yakni penyakit cacat neuromuskular yang mirip seperti polio pada 4 Agustus 2020. Peringatan tersebut muncul lebih dari empat bulan sebelum peluncuran vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di AS pada pertengahan Desember 2020. Scott Pauley, Petugas Pers di CDC mengatakan tidak ada hubungan antara penyakit tersebut dengan vaksinasi Covid-19. Hingga saat ini, virus yang diduga menjadi pendorong utama wabah AFM musiman dua tahunan yang diamati di banyak wilayah global adalah enterovirus D68.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

     

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Video Anthony Fauci Rencanakan Sebarkan Virus Influenza Baru

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Resmi Kedua di Vietnam

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] IPB Rilis Ranking Sayuran Antikanker

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat Memperingatkan Ada Penyakit Mirip Polio akan Muncul pada Akhir Tahun 2021

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA