FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 11-2021

    392

    Banjir Bandang di Batu, Wapres Minta Kementerian Sosial Ambil Langkah Cepat

    Kategori Berita Pemerintahan | adhi004

    Jakarta Pusat, Kominfo – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin memantau perkembangan dan penanganan banjir bandang di Desa Sumber Brantas, dan Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji, Kota Batu yang terjadi pada Kamis (04/11/2021).

    Melalui sambungan telepon, Wapres menanyakan langsung kronologis terjadinya banjir kepada Walikota Batu, Dewanti Rumpoko.

    “Ini memang karena hujannya lebat sekali hampir satu jam lebih dengan curah hujan yang sangat besar, yang kemudian membawa pohon-pohon yang sudah lama kering ada di hutan-hutan itu ke bawah, Bapak, sehingga menutupi jalan air yang itu jadi menimpa rumah-rumah penduduk,” lapor Dewanti.

    Mengenai korban jiwa, Dewanti melaporkan hingga saat ini tiga orang penduduk lanjut usia (lansia) dinyatakan hilang.

    “Yang hilang ada tiga orang yang lansia yang sudah sepuh-sepuh semua, Pak Wapres. Itu yang sekarang belum ketemu,” ungkapnya.

    Sementara untuk pengungsian penduduk, Dewanti menyampaikan bahwa saat ini telah dilakukan penanganan darurat antar warga dimana penduduk yang rumahnya tidak terlalu terdampak banjir menyediakan tempatnya untuk membantu sesama.

    “Tetangga yang rumahnya selamat itu yang menampung tetangga yang di sekitarnya, Pak Wapres,” tandas Dewanti.

    Menanggapi hal tersebut, Wapres menyampaikan simpatinya atas musibah banjir bandang yang terjadi. Ia berharap tidak ada korban jiwa dari musibah ini dan penduduk yang hilang dapat segera ditemukan.

    Wapres pun memerintahkan kepada Kementerian Sosial untuk mengambil langkah sigap dan cepat guna menangani bencana yg terjadi sehingga tidak terjadi dampak yang lebih buruk.

    “Supaya Kementerian Sosial mengambil langkah-langkah untuk [menangani],” tegas Wapres.

    Pantau Perkembangan

    Usai melakukan komunikasi melalui sambungan telepon dengan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, terkait Banjir Bandang yang melanda wilayahnya, di malam yang sama Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin juga berkomunikasi dengan Menteri Sosial, Tri Rismaharini, untuk meminta laporan terkait bencana banjir yang terjadi di Indonesia.

    Dalam percakapan tersebut, Wapres meminta Risma untuk sigap menangani banjir di Kota Batu, Jawa Timur dan Melawi, Kalimantan Barat.

    “Tolong lokasi banjir untuk dapat ditangani dan terus dipantau,” tegas Wapres.

    Risma pun menyatakan kesiapannya untuk menangani bencana yang terjadi dan akan melaporkan kondisi terkini apabila sudah mendapatkan perkembangan hasil dari lokasi banjir.

    Selain banjir bandang di Kota Batu, pada kesempatan ini Risma juga melaporkan mengenai perkembangan penanganan bencana banjir di Jalan Sintang-Melawi, Kalimantan Barat yang terjadi pada Kamis (21/10/2021).

    Ia melaporkan bahwa Kementerian Sosial telah mempersiapkan lumbung padi di Melawi untuk mengantisipasi ramalan potensi curah hujan tinggi dari BMKG. Dimana, diperkirakan intensitas hujan yang tinggi akan mencapai titik puncaknya pada Januari hingga Februari 2022.

    “Ramalan BMKG itu kan parahnya [hujan] justru Januari sampai Februari Bapak. Sekarang ini kami siapkan lumbung padi sehingga nanti kalau ada banjir, jalannya putus, mereka masih bisa survive dengan lumbung,” pungkas Risma. 

    Berita Terkait

    Pulihkan Wisata Pantai Terdampak Tsunami Palu, Wapres Minta Penerapan Sistem Peringatan Dini

    Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meminta agar di sepanjang pantai diterapkan Sistem Peringatan Dini (Early Warning System). Hal in Selengkapnya

    Banjir dan Longsor di Papua, Wapres Minta Siapkan Penanggulangan

    Wapres menyampaikan, dalam jangka panjang, tidak hanya upaya-upaya bantuan namun antisipasi tanggap bencana juga harus diperkuat. Selengkapnya

    Wapres Minta Program Pembangunan Kesejahteraan Papua Segera Dilaksanakan

    Wapres menekankan agar seluruh pihak terkait dapat lebih mendekatkan diri juga beradaptasi dengan kondisi, baik kondisi alam dan masyarakat, Selengkapnya

    Wapres Minta Kemensos, BNPB, dan Kemenkes Bergerak Cepat

    Wapres meminta kepada masyarakat agar terus waspada dan kepada para petugas untuk melakukan mitigasi bencana sedini mungkin tidak hanya terk Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA