FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 11-2021

    27

    Kominfo Ajak Wartawan Liput Langsung National Day di Expo 2020 Dubai

    Kategori EXPO2020DUBAI | mth

    Dubai, Kominfo  - Kementerian Komunikasi dan Informatika memfasilitasi wartawan untuk meliput National Day dalam Expo 2020 Dubai, di Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (1/11/2021). 

    Peliputan langsung oleh wartawan media nasional itu dimaksudkan untuk semakin menggemakan pemberitaan National Day yang menurut rencana akan dihadiri Presiden Jokowi pada tanggal 4 November 2021.

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong, saat memberikan arahan kepada wartawan menyampaikan, kehadiran Presiden pada National Day merupakan momentum yang sangat baik untuk mengenalkan Indonesia secara lebih luas ke kancah internasional.

    "Untuk itu, harus benar-benar digemakan melalui berbagai media. Liputan bukan hanya memberitakan kedatangan Presiden dan event National Day dalam Expo 2020 Dubai saja, namun juga mengungkap apa saja dampak positif keikutsertaan Indonesia dalam event tersebut," ungkap Usman.

    Dirjen IKP berpesan agar wartawan yang ditugaskan mampu menggali sisi lain yang menarik dari National Day dan Dubai Expo. "Paling utama adalah mengangkat potensi ekonomi dan budaya Indonesia yang luar biasa, tentu saja disesuaikan dengan tema Unlocking Indonesia’s Digital Opportunity," imbuhnya.

    Direktur Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal IKP Kominfo, Nursodik Gunarjo selaku pimpinan rombongan wartawan mengatakan, wartawan akan mulai meliput Selasa (2/11/2021) waktu setempat.

    Pertama mereka akan meliput Expo 2020 Dubai secara umum, dilanjutkan dengan meninjau Paviliun Indonesia. Hari berikutnya akan meliput pertemuan bilateral pemerintah Indonesia dengan Uni Emirat Arab. "Kamis 4 November, secara khusus mereka akan meliput kunjungan Presiden Jokowi ke Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai," kata Gunarjo.

    Lebih lanjut Gunarjo menerangkan, wartawan yang diberangkatkan ke Dubai ada lima orang. Mereka adalah Gajah Kusumo (Bisnis Indonesia), Purbasari Daruningsih (TV one), Heryadi Sarojih Abdullah (Media Indonesia), Idham Khalid (detik.com) dan Theofilus Ifan Sucipto (Metro TV).

    Expo 2020 Dubai merupakan pameran internasional yang menyajikan pencapaian negara-negara di dunia. Keikutsertaan Indonesia pada Dubai Expo 2020 merupakan kolaborasi antar-kementerian dan lembaga yang dikoordinasikan oleh Kementerian Perdagangan.

    Sebanyak 22 Kementerian dan lembaga serta delapan pemerintah provinsi dipastikan akan mendukung seluruh kegiatan Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai yang akan berlangsung pada 1 Oktober 2021—31 Maret 2022.

    National Day Indonesia

    National Day Indonesia akan berlangsung di Al Wasl Plaza, World Expo 2020 Dubai pada 4 November 2021, mulai pukul 18.00 waktu setempat, atau pukul 21.00 WIB.

    National Day Indonesia diharapkan membuka kesempatan lebih luas bagi banyak pihak untuk menjalin hubungan strategis dalam jangka panjang di sektor perdagangan, investasi, dan pariwisata.

    Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi pada Minggu (31/10/2021) mengatakan National Day Indonesia ditargetkan dapat menjaring lebih banyak khalayak untuk berkunjung ke Paviliun Indonesia, yang merupakan jendela dunia dalam menyelami potensi Indonesia secara lebih mendalam.

    “Pada perhelatan Expo 2020, National Day merupakan perayaan yang paling ditunggu-tunggu. Setiap negara yang merayakan National Day pun menghadirkan pertunjukan terbaik yang paling merepresentasikan negara mereka untuk memikat ketertarikan seluruh pengunjung Expo,” tutur Mendag.

    Beberapa negara dipastikan turut menghadirkan pemimpin negaranya pada National Day, seperti Maladewa, Swiss dan lainnya.

    Berita Terkait

    SOROTAN MEDIA