FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 01-2022

    75

    Apa itu DEWG - G20?

    Kategori DEWG-G20 | mth

    Apa itu DEWG?

    DEWG berawal dari pembentukan Gugus Tugas Ekonomi Digital atau Digital Economy Task Force (DETF) G20 pada tahun 2017 pada masa Kepresidenan Jerman. Tujuan DETF membahas Inisiatif Pengembangan dan Kerjasama Ekonomi Digital yang diadakan pada tahun 2016 pada masa Kepresidenan China. 

    Para menteri ekonomi digital G20 dan para Pemimpin G20 telah mengakui bahwa digitalisasi merupakan pendorong bagi kemajuan menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB di tiga bidang ekonomi, sosial dan lingkungan. DETF bekerja melalui diskusi dan konsultasi dengan engagement group (EG) G20 dan pemangku kepentingan lain. Pada tahun 2021 DETF bertransformasi menjadi Digital Economy Working Group (DEWG) mencerminkan realitas di mana perangkat digital memungkinkan percepatan pertumbuhan sosial ekonomi dan ekonomi yang inklusif. 

    Lingkup Tugas DEWG

    DEWG mendapat mandat untuk membahas bagaimana memanfaatkan teknologi digital, melalui tukar-menukar informasi dan pandangan, dan mencari pemahaman bersama tentang kebijakan, yang mendorong ekonomi digital yang tangguh, dan berkembang secara berkelanjutan dan inklusif, dengan lingkungan digital yang aman, terlindungi, dan terhubung, sekaligus memitigasi tantangan dan risiko digitalisasi.

    Untuk itu, DEWG harus bekerja dengan arah sebagai berikut:

    • Menghormati komitmen dan mandat dari Leaders' Summits, DETF dan pertemuan menteri dan Sherpa sebelumnya.
    • Mengakui sifat lintas sektoral dari digitalisasi dan mengakui bahwa badan-badan G20 lainnya sudah membahas berbagai aspek digitalisasi dalam mandat masing-masing, DEWG akan fokus pada topik ekonomi digital, termasuk sektor publik.
    • Bekerja sama dan bekerja dengan engagement group (EG), organisasi internasional, dan lingkup pekerjaan G20 lainnya, serta menghindari duplikasi pekerjaan dengan WG lainnya, untuk memajukan agenda ekonomi digital dengan mempertimbangkan prioritas Presidensi G20.

    Mengapa DETF ditingkatkan statusnya menjadi DEWG?

    Elevasi task force menjadi working group atau DETF menjadi DEWG yang digagas oleh Indonesia bersama negara G20 lain memberikan manfaat sebagai berikut:

    • Legitimasi yang lebih kuat atas dukungan dan komitmen dari para pemimpin G20 untuk koordinasi dan penyusunan agenda bersama.
    • Dukungan dari pemimpin G20 untuk bertemu secara teratur.
    • Mandat yang jelas dan agenda yang kuat berdasarkan tujuan yang jelas.
    • Agenda dapat dibahas secara berkeseinambungan dalam beberapa tahun, diskusi pra-komitmen, yang diperlukan untuk beberapa topik yang menuntut pembahasan intensif
    • Memungkinkan dokumen dan kontribusi yang dihasilkan WG diakses dan dipelajari terutama karena masuk menjadi lampiran deklarasi pemimpin G20.
    • Memastikan relevansi, konsistensi dan efektivitas kerja.
    • Meningkatkan akuntabilitas dan pemantauan kemajuan dalam diskusi-diskusi kunci.

    Berita Terkait

    SOROTAN MEDIA