FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 05-2022

    342

    Libatkan Industry Task Force, Sekjen: DEWG G20 Panggung Bersama

    SIARAN PERS NO. 174/HM/KOMINFO/05/2022
    Kategori Siaran Pers
    Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba serta Staf Khusus Menkominfo Bidang Kebijakan Digital dan SDM atau Alternate Chair DEWG Dedy Permadi berfoto bersama dengan perwakilan 11 perusahaan penyelenggara platform digital di Indonesia dalam Industry Task Force DEWG di Ops Room Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (13/05/2022). - (DPS)

    Siaran Pers No. 174/HM/KOMINFO/05/2022

    Jumat, 13 Mei 2022

    Tentang

    Libatkan Industry Task Force, Sekjen: DEWG G20 Panggung Bersama

    Kementerian Komunikasi dan Informatika melibatkan Industry Task Force (ITF) dalam Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia 2022. ITF DEWG G20 terdiri dari 11 perusahaan penyelenggara platform digital di Indonesia.

    Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba menyatakan, ITF memiliki peranan penting yang diharapkan turut menyukseskan rangkaian kegiatan DEWG Presidensi G20.

    “Tentunya kami mengucapkan banyak terima kasih teman-teman industri sudah mendukung G20, mendukung Kominfo, dan khususnya Digital Economy Working Group yang memang Kominfo ampu. Sebagaimana yang selalu saya sampaikan bahwa ini adalah pesta kita semua, panggung kita bersama. Jadi teman-teman mendukung kami, kami pun mendukung teman-teman,” ujarnya dalam Pertemuan Industry Task Force (ITF) DEWG G20 di Ops Room Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (13/05/2022). 

    Menurut Sekjen Kementerian Kominfo, penyelenggara DEWG sangat terbantu atas inisiatif mitra platform digital yang tergabung dalam ITF. Oleh karenanya, Kementerian Kominfo mengusulkan pembentukan tim koordinator.

    “Kami sangat terbuka bila ada tambahan lagi teman-teman. The more the merrier, tapi tampaknya kalau sudah agak banyak begini kita perlu ada suatu koordinator supaya memudahkan dalam berkomunikasi. Yang saya pahami sudah ada WA grup-nya, tetapi akan lebih mudah bila kita bisa ada koordinator,” jelasnya.

    Sekjen Mira menyatakan, penetapan koordinator diserahkan sepenuhnya kepada 11 platform digital yang tergabung di dalam ITF. Adapun mitra yang tergabung antara lain Traveloka, eFishery, WIR, GoTo, Halodoc, Telkomsel, Telkom Indonesia, Dana, Bukalapak, Grab dan Ruang Guru.

    “Jadi saya betul-betul serahkan kepada teman-teman siapa koordinatornya. Silakan teman-teman sendiri menentukan karena ini bukan suatu yang formal, tidak ada membership. Ini sesuatu yang liquid, yang cair. Asalkan kita bisa komunikasi dengan baik, bisa kolaborasi kerjasama dengan baik, itu sudah sudah sangat membantu,” tandasnya.

    DEWG 2nd Meeting Jogja

    Sekjen Kementerian Kominfo menjelaskan penyelenggaraan DEWG 2nd Meeting akan diselenggarakan di Daerah Istimewa Yogyakarta tanggal 17-19 Mei 2022. Kementerian Kominfo sebagai pengampu DEWG memberikan kesempatan kepada ITF untuk turut berpartisipasi.

    “Kalau teman-teman semua punya project di Yogyakarta dan siap minggu depan, silakan. Kami tolong diinformasikan supaya bisa mulai mengatur agenda. Karena agenda acara members state lumayan padat,” tuturnya.

    Menurut Sekjen Mira Tayyiba, sidang DEWG kedua akan berlangsung selama dua hari, dari tanggal 17 sampai dengan 18 Mei 2022. Sedangkan untuk tanggal 19 ditutup dengan kegiatan workshop. “Sekali lagi bila teman-teman ada yang siap di Yogyakarta minggu depan tolong segera kami diinformasikan,” ungkapnya.

    Selain Sekjen Kementerian Kominfo, pertemuan dengan ITF turut dihadiri Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Kebijakan Digital dan SDM atau Alternate Chair DEWG, Dedy Permadi; Wakil Ketua Tim Pelaksana DEWG G20, Bonifasius Wahyu Pudjianto; Sekretaris Tim Pelaksana DEWG G20, Ichwan Makmur Nasution; serta perwakilan penyelenggara platform digital di Indonesia.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id 

    Berita Terkait

    Siaran Pers No.220/HM/KOMINFO/05/2022 Tentang Perkuat Keamanan Siber Indonesia, Kominfo Gandeng Cisco

    Cyber Security menjadi pekerjaan rumah kementerian yang dipimpinya agar bisa mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Selengkapnya

    Siaran Pers No.219/HM/KOMINFO/05/2022 tentang Jadi Isu Prioritas DEWG G20, Menteri Johnny Paparkan Tata Kelola dan Penanganan Kejahatan Siber

    Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan dalam isu prioritas tersebut, tata kelola dan manajemen untuk mengatasi cyber crime atau kejahatan sib Selengkapnya

    Siaran Pers No. 218/HM/KOMINFO/05/2022 tentang Bahas Transisi Energi dan Transformasi Digital di WEF, Menteri Johnny: Industri Global Sangat Berminat

    Menkominfo menyatakan potensi kerja sama dengan mitra perusahaan global itu diperkuat dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang memiliki val Selengkapnya

    Siaran Pers No. 217/HM/KOMINFO/05/2022 tentang Menkominfo Temui Founder WEF Bahas Peran Indonesia dalam Isu Global

    Keduanya membahas peran Indonesia dalam isu global diantaranya Presidensi G20, transformasi digital dan transisi energi di Indonesia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA