FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 09-2022

    639

    Indonesia Harapkan Sekjen ITU Terpilih Dukung Agenda Transformasi Digital Nasional

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Bucharest, Kominfo - Pemerintah Republik Indonesia mengharapkan Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU) Periode 2023-2026 Doreen Bogdan-Martin yang terpilih melalui voting dalam ITU Plenipotentiary Conference (PP-22) dapat mendukung program prioritas nasional di bidang digital yang berkelanjutan dan memberdayakan. 

    Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba menyatakan sebagai organisasi antarpemerintah di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), ITU konsisten melaksanakan agenda prioritas.

    “Saya pikir harapan kita kepada Ibu Doreen sangat tinggi, bukan saja untuk agenda-agenda digital transformasi yang secara substantif kita ketahui seperti konektivitas, keamanan siber, digital literasi tetapi juga ada aspek lainnya yaitu empowering. Jadi sementara fokus Indonesia untuk ITU juga sejalan dengan prioritas nasional kita, baik yang berkaitan dengan konektivitas digital, pemberdayaan perempuan, dan capacity building,” jelasnya usai pertemuan bilateral di Palace of Parliament, Bucharest, Rumania, Kamis (29/09/2022).

    Sekjen Kementerian Kominfo menyatakan Doreen Bogdan-Martin menjadi sejarah baru perempuan pertama yang memimpin ITU.

    “Ada suatu sejarah bahwa perempuan menjadi Sekretaris Jenderal ITU. Pada saat pembukaan kita mendengar hal yang menarik disampaikan bahwa ITU merupakan organisasi dibawah PBB yang tertua tahun 1865 tetapi isu yang dikelola adalah justru isu baru, yaitu dengan isu digital yang ternyata kaptennya pun seorang perempuan,” tuturnya.

    Sebagai perempuan pertama yang pimpin ITU, Sekjen Mira Tayyiba menilai sosok Doreen telah merepresentasikan keterwakilan perempuan untuk memimpin organisasi tersebut dalam mewujudkan misi menghubungkan 2,7 miliar manusia di dunia yang berlum terhubung ke internet.

    “Ternyata masalah gender gap itu juga terjadi di organisasi ITU, di mana pimpinan lebih banyak laki-laki baik itu pimpinan sidang maupun pimpinan organisasi. Jadi kita dalam beberapa tahun terakhir ini juga sudah menginisiasi dibawa agenda ITU bagaimana kita bisa merger pimpinan-pimpinan perempuan supaya bisa lebih aktif di ITU,” jelasnya. 

    Dalam pemilihan Sekjen ITU, Indonesia sebagai anggota ITU ikut menggunakan hak suara. Pemilihan Sekjen ITU yang baru dilakukan voting secara tertutup, hanya delegasi negara anggota yang hadir. Doreen Bogdan-Martin terpilih menggantikan Sekjen ITU Periode 2019-2022 Houlin Zhao dengan memperoleh 139 suara dari total 172 pemilih.

    Doreen Bogdan-Martin akan mulai menjabat per 1 Januari 2023. Sebelumnya, perempuan asal Amerika itu menjabat sebagai Direktur Biro Pengembangan Telekomunikasi ITU dan lebih dari 30 tahun berpengalaman dalam hubungan internasional, antar-pemerintah. 

    Berita Terkait

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    Wamenkominfo akan Bincang Transformasi Digital dengan Sivitas STMM

    Wamenkominfo akan berbincang dengan sivitas STMM Yogyakarta mengenai transformasi digital yang mencakup tangan dan antisipasi perubahan indu Selengkapnya

    Menkominfo: BAKTI Kawal Transformasi Digital Nasional

    Pemerintah juga berupaya melakukan peningkatan kecakapan digital masyarakat untuk pemanfaatan ruang digital dan teknologi. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA