FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 06-2023

    888

    Dorong Digitalisasi UMKM Papua Barat Lewat Bangga Buatan Indonesia 2023

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo  - Pemerintah mendorong digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), khususnya di Papua Barat agar memiliki daya saing lebih. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyatakan, salah satu upaya agar Indonesia bisa naik kelas dan menjadi negara maju selain harus senantiasa adaptif terhadap perkembangan digitalisasi adalah dengan memasarkan produk Indonesia di pasar global. 

    "Digitalisasi adalah bentuk adaptasi. Terkait dengan Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2023, Kementerian Perdagangan terus mendorong digitalisasi dengan membangun ekosistem kemitraan dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), lokapasar (marketplace), dan lembaga pembiayaan untuk mendukung pemasaran produk-produk Indonesia, terutama UMKM Papua Barat," jelas Wamendag Jerry dalam pembukaan Seminar Web "Bangga Buatan Indonesia, Papua Barat Mendunia" di Jakarta Senin (12/06/2023).

    Wamendag Jerry memandang, digitalisasi terhadap pelaku usaha perlu gencar dilakukan. Terutama sejak pandemi Covid-19 melanda, adanya perubahan pola belanja masyarakat yang lebih memilih berbelanja secara daring, menuntut pelaku usaha harus adaptif dan mampu mengikuti perkembangan arus pasar.

    "Jumlah pelaku usaha yang telah masuk ekosistem digital (onboarding) pada akhir 2022 yaitu sebanyak lebih dari 20 juta UMKM. Untuk itu, saya optimistis target 30 juta UMKM onboarding pada 2024 dapat tercapai," tuturnya.

    Berdasarkan data yang diolah Kementerian Perdagangan, Ekonomi Digital Indonesia diperkirakan mencapai USD77 miliar pada 2022 atau 39,7 persen Ekonomi Digital ASEAN. Bahkan pada 2025, nilai tersebut diproyeksikan naik mencapai Rp130 miliar. Nilai transaksi niaga elektronik (e-commerce) pada 2022 juga telah mencapai Rp476,3 triliun. Pada 2023, nilai tersebut diproyeksikan Bank Indonesia akan meningkat mencapai Rp572 triliun atau naik sekitar 20 persen dibanding pada2022. Bahkan pada 2025, sektor niaga-el diperkirakan tumbuh secara konsisten sekitar 17--22 persen.

    Wamendag Jerry menuturkan, Kementerian Perdagangan terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga kinerja perdagangan. Upaya dimaksud diwujudkan denganberbagai kegiatan promosi, misi dagang, dan kerja sama perdagangan melalui skema Preferential Trade Agreement (PTA), Free Trade Agreement (FTA), maupun Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA). Wamendag Jerry mengungkapkan, Indonesia sudahmemiliki 35 perjanjian, termasuk 9 perjanjian secara bilateral. 

    "Perjanjian perdagangan ini dapat dimanfaatkan sebagai toll way atau fasilitas pemerintah bagi pelaku UMKM Indonesia untuk meningkatkan akses pasar internasional," jelasnya.

    Webinar digelar Kementerian Perdagangan dengan menggandeng Tribun Network untuk mempromosikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI) di Papua Barat. Dengan kata lain, mempromosikan produk unggulan dan wisata yang ada di Papua Barat sehingga target jumlah produk yang onboardingdan transaksi penjualan melalui lokapasar serta kunjungan wisata di Papua Barat dapat tercapai.

    Melalui BBI 2023, Pemerintah mendorong lebih banyak pelaku UMKM yang mampu membuka lapangan pekerjaan dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat serta membawa pelaku usaha nasional berjaya di pasar global.

    Wamendag Jerry juga meminta dukungan dan partisipasi penuh dari seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadi pahlawan di negeri sendiri, dengan terus membeli dan memakai produk buatan Indonesia. 

    "Dalam berbagai kesempatan dan khususnya hari ini,saya mengenakan produk Indonesia. Mulai dari sepatu,jam tangan, kacamata, celana, hingga kemeja batik motif Papua. Diharapkan masyarakat Indonesia tidak hanya banggabuatan Indonesia, tapi juga membeli dan memakai produk-produk buatan Indonesia," ujarnya.

    Turut hadir dalam webinar yaitu Pejabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw; Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim; Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi Bapak Odo R.M Manuhutu; Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat Roni Cahyadi; Pejabat Sekretaris Daerah Papua Barat Dance Sangkek; dan Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Fajrin Rasyid. 

    Selanjutnya, Putri Indonesia Papua Barat 2023 Veronica Angelina, Project Manager Papua Youth Creative Hub (PYCH)Willy Dares Sombuk. Bertindak sebagai moderator News Director Tribun Network Febby Mahendra Putradan pembawa acara Paramita Soemantri.Dalam paparannya, Dirjen PDN Isy Karim menuturkan, Gernas BBI diresmikan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020. Pada 2023, Kementerian Perdagangan menjadi manajer kampanye bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam BBI dan BWI Papua Barat 2023. 

    "Papua Barat memiliki potensi yang luar biasa untuk diangkat,seperti pertanian, pertambangan, hasil hutan, dan wisata alam. Potensi ekonominya tercatat tumbuh 3,13 persen pada triwulan I-2023. Adapun eksporPapua Baratpada Maret 2022 tercatat USD 211,77 juta dan Maret 2023 USD 279,4 juta. Artinya, tumbuh 31,4 persen year-on-year," jelasnya.

    Dirjen Karim melanjutkan, pemerintah telah menggelontorkan sejumlah dukungan bagi UMKM Papua Barat terkait BBI dan BWI. Pertama, bimbingan teknis pengembangan produk dan kapasitas pelaku usaha. Kedua, pameran mall-to-mallproduk unggulan Papua Barat. Ketiga, onboarding UMKM Papua Barat pada lokapasar PaDI UMKM dan Digipay. Keempat, bimbingan teknis kewirausahaan UKM-IKM pengolahan pangan dan transportasi melibatkan 40 UKM-IKM Papua Barat Papua Barat. Kelima, Festival Ramadhan di Manokwari 2023 dengan melibatkan 20 UMKM makanan, wastra, kriya, dan herbal. Keenam, bazar yang melibatkan 21 UMKM Papua Barat. Ketujuh, wisata kuliner Manokwari dengan melibatkan 100 UMKM kuliner.

    Berita Terkait

    Perkuat Digitalisasi Layanan dengan Adopsi Inovasi Teknologi PT

    pemerintah tidak sekadar membangun aplikasi baru. Aplikasi yang sudah ada dalam seleksi CASN bisa dikembangkan dengan teknologi yang diterap Selengkapnya

    Presiden Berbuka Puasa Bersama dengan Menteri Kabinet Indonesia Maju

    Ini merupakan buka puasa bersama yang digelar kembali di Istana setelah terakhir digelar pada tahun 2019 lalu. Selengkapnya

    Dorong Aktivasi Gim Nasional Lewat Partisipasi dalam India Gaming Show 2024

    Jadi salah satu tindak lanjut dari amanat Perpres Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Selengkapnya

    Lewat Digitalisasi, Pemerintah Perkuat Pengawasan dan Berantas Korupsi

    Menteri Anas menyampaikan bahwa tidak ada cara yang lebih cepat untuk melipatgandakan pencapaian sebuah negara dan mendorong pelayanan masya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA