FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 06-2023

    797

    Lewat SSI-6, Kominfo Telah Inkubasi 17 Startup

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta Pusat, Kominfo - Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika mendampingi startup untuk mengembangkan Product Market Fit (PMF) atau produk digital yang dapat memenuhi kebutuhan atau permintaan pengguna.

    Lewat Startup Studio Indonesia (SSI) Batch-6, sebanyak 17 startup finalis yang telah mendapatkan dukungan dan bimbingan selama empat bulan terakhir

    "Mereka berkesempatan untuk mempresentasikan bisnis dan pencapaiannya kepada para pemangku kepentingan, seperti lembaga pemerintah dan venture capital," ujar Koordinator Startup Digital Direktorat Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kementerian Kominfo, Sonny Hendra Sudaryana dalam acara puncak SSI Bartch 6 Milestone Day di Jakarta Pusat, Jumat (23/06/2023).

    Untuk membantu startup tahap awal dalam menavigasi lanskap ekonomi digital yang terus berubah, Kominfo akan terus melanjutkan program Startup Studio Indonesia dengan target memfasilitasi 150 startup digital di tahun 2024.

    "Harapannya, para startup alumni SSI mampu mengembangkan skala bisnisnya dan mencapai Product Market Fit yang berkelanjutan, sehingga bisa terus berinovasi dan menciptakan solusi digital sesuai kebutuhan masyarakat," ungkap Koordinator Startup Digital Direktorat Pemberdayaaan Informatika Ditjen Aptika Kementerian Kominfo.

    SSI merupakan program inkubator untuk mendampingi dan melatih para startup tahap awal (early-stage) dalam perjalanan mencapai product-market fit (PMF). Sejak tahun 2020, SSI telah meluluskan total 80 alumni startup dari 5 batch terdahulu. Setiap alumni berhasil scale up dan mengembangkan bisnis dengan mendapatkan pendanaan, investor baru, hingga memperluas jangkauan operasional.

    "Saat ini, alumni yang berhasil mendapatkan pendanaan tahap awal setelah lulus dari program berkisar di angka 13-40% di setiap batch. Per Desember 2022, total pendanaan yang mengalir ke alumni SSI telah mencapai Rp 392,1 miliar," tutur Sonny Sudaryana.

    Tujuh belas alumni dari program SSI Batch 6 terdiri dari startup yang bergerak di berbagai bidang, seperti: MODA (perusahaan properti dan konstruksi berbasis teknologi), Assemblr (platform ekosistem Augmented Reality), AYO Indonesia (aplikasi komunitas sepak bola), Baskit (SaaS khusus untuk toko grosir dan distributor), DEUS Human Capital Services (platform manajemen personalia/HR dengan gamifikasi), Inventing (penyedia layanan printing digital), Lakuliner (aggregator penyedia cloud kitchen untuk brand F&B), Looyal (aplikasi manajemen bisnis untuk usaha online dan offline), Medi-Call (layanan kesehatan on-demand di rumah), OneKlinik (penyedia jasa kesehatan dasar berbasis teknologi), Pajak.io (platform solusi kebutuhan perpajakan), Payable (platform all-in-one checkout), Rooma (penyedia jasa dan produk desain interior), SMEs Pack (aggregator ekspor untuk UMKM), Tweak (platform fitness on-demand), Tokban (marketplace toko bahan bangunan), dan RASA (sebelumnya Warjali – platform penyedia bahan baku, informasi, dan pendanaan UMKM, warung, dan petani).

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    Lantik PNS Formasi PKN STAN, Kominfo Targetkan Jadi Pelopor Birokrasi yang Sehat

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo Imam Suwandi mendorong PNS Formasi PKN STAN yang baru dilantik menggali potensi diri dan menjadi pelop Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA