FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 07-2023

    905

    Papua Street Carnival Jadi Perayaan bagi Pelaku Ekraf di Papua

    Kategori Berita Pemerintahan | Irso

    Jakarta Pusat, Kominfo – Pemerintah mendukung Papua Street Carnival yang akan dilaksanakan pada 7 Juli 2023 sebagai perayaan bagi pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di seluruh wilayah Papua.

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Papua Street Carnival merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo saat peresmian Papua Youth Creative Hub di Jayapura pada 21 Maret 2023.

    “Melihat potensi ekonomi kreatif yang luar biasa di Tanah Papua, akhirnya arahan Presiden Jokowi akan terealisasi berkat kerja sama dan kolaborasi dengan Papua Youth Creative Hub yang merupakan binaan dari Badan Intelijen Negara (BIN),” ujarnya  dalam “The Weekly Brief With Sandy Uno” di Jakarta Pusat, Senin (03/07/2023) 

    Papua Street Carnival sendiri mengangkat tema “Papua Extravaganza (The East Great Spirit)” yang akan menampilkan parade ratusan busana karnaval dan melibatkan ribuan pengisi acara, ratusan pameran UMKM kreatif, ratusan perahu hias, dan ribuan pelaku ekonomi kreatif.

    “Ini nantinya bisa menjadi agenda event tahunan dan bisa seperti Rio Street Carnival di Brazil, atau Mardi Gras Festival di Amerika. Kalau di Indonesia mungkin mirip saudaranya yang ada di Jawa Timur, yaitu Jember Fashion Carnaval,” kata Sandiaga.

    Menparekraf Sandiaga juga menyampaikan, kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif dari komunitas Papua Youth Creative Hub, seniman, perajin, pelaku industri kreatif Papua dan juga akan menampilkan pameran produk-produk kreatif lokal yang mencerminkan keahlian dan kreativitas warga Papua.

    Acara Papua Street Carnival ini diharapkan akan membuka peluang investasi di bidang ekonomi kreatif, memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta menjadi ajang promosi yang efektif untuk sektor pariwisata Papua kepada dunia.

    “Kami berharap, Papua menunjukkan pada wilayah lain dan dunia, bahwa Papua adalah tempat dengan sejuta potensi dan harta berharga. Dapat menjadi pengungkit pariwisata dan geliat ekonomi kreatif di Indonesia, menerbitkan banyak seniman-seniman lokal yang berbakat, serta membawa nama baik Indonesia di nasional maupun internasional,” ujarnya.

    Hadir mendampingi Menparerkaf Sandiaga, baik secara offline maupun online, pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf.  

    Berita Terkait

    Wapres Yakini KDEKS Jadi Penggerak Pembangunan Ekonomi Sultra

    Wapres menerangkan bahwa upaya pengelolaan sumber daya alam sejatinya harus dilakukan melalui praktik-praktik ekonomi yang bertanggung jawab Selengkapnya

    Gelar Safer Internet Day, Pemerintah Dorong Perlindungan Anak di Ranah Digital

    emenko PMK mengajak seluruh kementerian dan lembaga terkait, institusi swasta, relawan, hingga pembina dan pengasuh anak-anak. Selengkapnya

    UMKM dan Pedagang Jadi Pasar Tulang Punggung Ekonomi Nasional

    Menurut Mendag, digitalisasi sebuah keniscayaan sehingga perdagangan perlu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Selengkapnya

    Rasa Senang Warga Atas Kehadiran BTS 4G dan Akses Internet di Daerah 3T

    Kepala Desa Bowombaru Utara Ferdi Kaeng merasa bersyukur karena masyarakat di desanya merasa terbantu dengan keberadaan akses internet yang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA