FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 07-2023

    465

    Wapres Serahkan Bansos dan KUR Bagi Orang Asli Papua di Mimika

    Kategori Berita Pemerintahan | Irso

    Mimika, Kominfo – Mengawali rangkaian kunjungan kerjanya di Tanah Papua, Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin pagi ini menyerahkan bantuan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja rentan dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro bagi Orang Asli Papua (OAP) di Mimika. Selain itu, Wapres juga berkesempatan meninjau ruang kelas dan berinteraksi dengan pelajar OAP di Institut Pertambangan Nemangkawi, Jl. Frans Kaisepo 1 Mimika, Papua Tengah, Rabu (12/07/2023).

    Sekitar pukul 10.20 WIT, Wapres yang didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan tiba di Institut Pertambangan Nemangkawi dan langsung mendengarkan pemaparan tentang kegiatan sosial oleh Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia Tony Wenas.

    Tony memaparkan kegiatan sosial yang dilakukan oleh PT. Freeport Indonesia, di antaranya program beasiswa dan asrama bagi para siswa serta dukungan sarana kesehatan berupa fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat dimanfaatkan masyarakat secara gratis.

    Lebih jauh, Tony menyebutkan Institut Pertambangan Nemangkawi berfokus menyiapkan tenaga terampil dari sumber daya manusia orang asli Papua.

    “Institut Pertambangan Nemangkawi semacam Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mempersiapkan anak-anak Papua agar mereka siap menjadi tenaga terampil,” jelas Tony.

    Selanjutnya, Wapres meninjau ruang kelas dan berinteraksi dengan para pelajar OAP. Sebagai informasi, Institut Pertambangan Nemangkawi merupakan lembaga pendidikan milik PT. Freeport Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2003.

    Sebagai informasi, Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) merupakan lembaga pendidikan vokasi dan untuk kebutuhan industri dengan 15 jurusan teknik dan 3 jurusan non-teknik.

    Hingga saat ini IPN telah meluluskan lebih dari 4.000 siswa dan 3.000 orang di antaranya telah bergabung dengan PT. Freeport Indonesia. Wapres berharap program hasil kerja sama antara Institut Pertambangan Nemangkawi dengan PT. Freeport Indonesia dalam perekrutan pegawai dapat terus berkelanjutan.

    “Saya harapkan program ini berkelanjutan, sehingga terus menciptakan generasi asli Papua yang unggul dan memiliki daya saing, serta siap turun di dunia kerja,” harap Wapres pada kesempatan yang sama.

    Di akhir kunjungannya, Wapres menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 4 perwakilan Orang Asli Papua (OAP), yaitu bantuan Kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja rentan yang diberikan kepada Sdr. Pirius Kogoya dan Sdri. Yohanna M. Soway. Sedangkan, bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro Bank Papua diberikan kepada Sdr. Ham Bagubau dan penerima bantuan CSR Bank Papua Sdr. Emiton Antonius Tsenawatme. 

    Berita Terkait

    Wapres Laksanakan Salat Idulfitri 1445 H di Masjid Istiqlal

    Presiden dan Wapres tampak menunaikan salat Tahiyatul Masjid dan turut mengumandangkan takbir bersama jemaah lainnya. Selengkapnya

    Wapres Sampaikan Tausiah Tentang Hikmah Puasa

    Wapres menyebutkan bahwa hikmah ibadah puasa berikutnya adalah untuk melatih diri menahan hawa nafsu. Sebab, nafsu merupakan salah satu musu Selengkapnya

    Presiden Tegaskan Potensi Demografi dan Tantangan Indonesia

    Menurut Presiden, Indonesia memiliki kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan baik karena 68 persen penduduknya berada dalam rentang usia p Selengkapnya

    Presiden Minta Segera Integrasikan Layanan pada Portal Nasional

    Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika terdapat lebih dari 27.000 aplikasi yang ada di tingkat pusat dan daerah. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA