FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 07-2023

    776

    Menkominfo Ajak Kemendes PDTT Kolaborasi Percepat Digitalisasi Desa

    SIARAN PERS NO. 156/HM/KOMINFO/07/2023
    Kategori Siaran Pers
    - (AYH)

    Siaran Pers No. 156/HM/KOMINFO/07/2023

    Senin, 24 Juli 2023

    tentang

    Menkominfo Ajak Kemendes PDTT Kolaborasi Percepat Digitalisasi Desa


    Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan percepatan pembangunan infrastruktur digital, termasuk di kawasan pedesaan. Menkominfo Budi Arie Setiadi mengajak jajaran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi bersinergi mewujudkan digitalisasi desa. Menurutnya digitalisasi di tingkat desa akan memudahkan penyebaran informasi mengenai pembangunan desa secara cepat.

    “Pembangunan infrastruktur digital di desa-desa harus kita wujudkan, supaya tidak ada lagi yang tertinggal. Jangan sungkan-sungkan berkoordinasi dengan Kominfo dan akan kita support. Bilang saja langsung ke saya. Kalau bisa kita adakan, kita percepat,” ungkapnya dalam Serah Terima Jabatan dengan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi di Operasional Room, Gedung Utama Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Jakarta Selatan, Senin (24/07/2023).

    Menteri Budi Arie menyerahkan jabatan kepada Wamendes Paiman Raharjo yang dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (17/07/2023). Menkominfo Budi Arie mengapresiasi kerja sama dan dukungan sivitas Kemendes PDTT selama 3 tahun 9 bulan menjabat sebagai Wamendes PDTT.

    “Jadi, ini waktunya bagi kita untuk mempercepat pembangunan desa, karena salah satu kemajuan desa dilihat dari akses internet. Desa dikatakan maju, mandiri, karena sudah memiliki konektivitas telekomunikasi yang memadai. Karena itulah, saya berharap mudah-mudah kerja sama antara Kementerian Kominfo dangan Kemendes PDTT terus berlanjut,” ungkapnya.

    Menurut Menteri Budi Arie, Kementerian Kominfo akan terbuka berkolaborasi dengan Kemendes PDTT dalam menambah wawasan dan meningkatkan kapasitas infrastruktur digital di desa.

    “Kominfo memiliki sejumlah peralatan lengkap yang berkaitan dengan teknologi, sehingga hal ini bisa menjadi acuan bagi sivitas Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi,” tuturnya.

    Menkominfo menekankan arti penting kolaborasi karena pembangunan desa, daerah tertinggal dan transmigrasi. Menurutnya, pengalaman selama menjadi Wamendes PDTT memberikan pelajaran mengenal pembangunan Indonesia lebih luas.

    “Kita bisa tahu Indonesia, pembangunannya bergerak, juga banyak teknologi kita percepat. Ketika saya ditunjuk menjadi Menteri Kominfo, saya tidak akan meninggalkan Kemendes PDTT karena urusannya berkaitan dengan sinyal,” tegasnya.

    Serah terima jabatan Wamendes PDTT sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 32 M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024. Proses sertijab disaksikan langsung Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar beserta pimpinan tinggi madya dan pratama Kemendes PDTT.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 304/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Dampingi Presiden Terima Kunjungan CEO Microsoft, Menkominfo: Bahas Eksosistem Teknologi

    Menurut Menteri Budi Arie kerja sama pengembangan sumberdaya manusia akan difokuskan pada peningkatan jumlah dan kompetensi talenta digital Selengkapnya

    Siaran Pers No. 302/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kembangkan Infrastruktur Hijau, Kominfo Bangun Kota Cerdas dan PDH

    Saat ini Kementerian Kominfo telah mengembangkan program kota cerdas atau smart city dan pembangunan Pusat Data Hijau (PDH). Selengkapnya

    Siaran Pers No. 301/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kominfo Selaraskan Visi Indonesia Digital dengan Ekonomi Hijau

    Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan telah menyusun Visi Indonesia Digital 2045 sebagai dukungan mewujudkan Indonesia Emas 2045. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 300/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Ekonomi Digital Bertumbuh, Wamen Nezar Patria Ajak Permias Seattle Ambil Bagian

    Wamen Nezar Patria mengajak Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (Permias) untuk bersiap dan aktif menjadi bagian dalam memanfaa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA