FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 08-2023

    697

    Dirjen PPI: Digitalisasi Penyiaran Peluang Lahirkan Konten Kreator Baru

    Kategori Berita Kominfo | adhi004

    Bintan, Kominfo - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Wayan Toni Supriyanto mengatakan digitalisasi penyiaran telah mendorong lahirnya kreator konten baru.

    "Digitalisasi penyiaran akan mendorong keberagaman konten siaran dan membuka peluang lahirnya para content creator," kata Dirjen Wayan dalam acara Gala Dinner dan Rakornas KPI se-Indonesia Tahun 2023 dengan tema "Dari Perbatasan Wujudkan Siaran Ramah, Bermartabat, dan Berbudaya" di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Kamis (10/08/2023).

    Menurut Dirjen Wayan Toni, kreator konten perlu diberikan kesempatan untuk masuk ke ekosistem industri penyiaran yang inovatif dan kreatif. Oleh karena itu, Dirjen PPI Kementerian Kominfo meminta lembaga penyiaran melaksanakan kewajiban untuk menyajikan minimal 10 persen konten lokal dalam siaran.

    Di sisi lain, digitalisasi penyiaran meningkatkan kualitas siaran yang diharapkan dapat mempertahankan kepemirsaan televisi di tengah pesatnya perkembangan platform internet.

    "Selama dua tahun terakhir kita bersama-sama sudah mensosialisasikan perbedaan kualitas siaran analog dan digital. Ini adalah cara untuk mempertahankan kepemirsaan televisi di tengah pesatnya perkembangan platform internet," ujar Dirjen Wayan Toni Supriyanto.

    Dirjen PPI Kementerian Kominfo mendorong lembaga penyiaran dapat menyediakan sumber rujukan informasi terpercaya bagi masyarakat. Menurutnya, hal itu perlu dipertahankan.

    “Saat ini, apabila kita melihat di media sosial, ada berita apapun, pasti mencari kebenarannya di media mainstream, mohon ini dipertahankan," katanya.

    Bahkan, Dirjen Wayan Toni Supriyanto menngharapkan lembaga penyiaran televisi dan radio bisa mempertahankan posisi sebagai kanal komunikasi massa yang sangat dipercaya atau menjadi rujukan di saat terjadi misinformasi di media sosial.

    Berita Terkait

    Transformasi Digital dan Pemerataan Akses Internet Kunci Indonesia Maju 2045

    Konektivitas yang cepat dan merata akan membuka peluang bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi digital untuk meningka Selengkapnya

    Siapkan Talenta Digital Kompeten, Kominfo Gelar Pelatihan dan Sertifikasi

    Junior Graphic Designer menjadi tema pelatihan dan sertifikasi agar talenta digital makin kompeten. Selengkapnya

    Kominfo–Kemlu Siapkan Pola Registrasi Media dan Pengelolaan Website KTT ASEAN 2023

    Jumlah media yang akan terlibat dalam peliputan pertemuan kepala negara-negara kawasa ASEAN itu diprediksi tidak jauh berbeda ketika peliput Selengkapnya

    Percepat Digitalisasi Pos, Kominfo Siapkan Fasilitasi

    Usai dilantik bersama lima pejabat pimpinan tinggi pratama lain, Direktur Gunawan Hutagalung menyatakan penyelenggaraan pos saat ini masih d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA