FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 09-2023

    653

    Pemerintah Dorong Mahasiswa Turut Kembangkan Sektor UMKM Nasional

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Jakarta Barat, Kominfo - Pemerintah mendorong mahasiswa perlu turut serta dalam pengembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) nasional. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyatakan dengan kehadiran mahasiswa, pengembangan sektor UMKM akan terakselerasi dengan baik.

    “Dengan turut mencoba merintis bisnis, bahkan dalam lingkup kecil, mahasiswa akan mendapat pemahaman serta tambahan keterampilan. Dengan begitu, akan menjadi kontribusi tersendiri terhadap pengembangan UMKM. Selain itu, tentu saja dukungan dapat diwujudkan dengan membeli dan menggunakan produk lokal,” jelasnya dalam Kuliah Umum dengan tema ‘Tantangan dan Peluang UMKM di Era Informasi’ di Universitas Esa Unggul, Jakarta Barat, Kamis (14/09/2023).

    Menurut Wamendag Jerry, masyarakat secara langsung merasakan manfaat dari keberadaan UMKM, baik sebagai pelaku maupun konsumen yang akhirnya mendapatkan produk berkualitas dengan harga terjangkau dan mudah diakses.

    "Semangat Bangga Buatan Indonesia bukan sekadar slogan, karena nyatanya semakin banyak masyakarat yang banggamenggunakan produk lokal buatan UMKM,” ujarnya.

    Saat ini, UMKM merupakan salah satu pilar perekonomian nasional. Oleh karena itu, pemerintah akan selalu mengusahakan peraturan yang berkeadilan serta memberikan dukungan nyata yang dapat dirasakan oleh pelaku UMKM.

    "Kementerian Perdagangan memiliki Balai Pelatihan Ekspor yang akan melakukan kurasi UMKM untuk dilatih agar siap ekspor. Bahkan, hingga proses penjajakan kesepakatan bisnis (business matching) pun akan difasilitasi,” jelas Wamendag.

    Wamendag Jerry mendorong para mahasiswa untuk fokus pada kemampuan dan kreativitas terlepas apapun jurusan yang diambil, agar kelak dapat menghadirkansolusi sesuai konteks kebutuhan.

    “Jika ingin UMKM berkembang, yang harus dipikirkan bukan hanya nilai tambah produknya, tetapi juga strategi lain yang memudahkan konsumen dalam membeli produk tersebut,” tandasnya.

     

    Berita Terkait

    Inilah Lima Strategi Pemerintah Mitigasi Penanggulangan Bencana

    Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan 5 strategi dalam mitigasi bencana. Selengkapnya

    Wapres Dukung Program Satu Juta Penyuluh Kemitraan UMKM Berbasis Syariah

    Wapres meminta KPPU untuk membenahi segala hal yang dapat mengganggu kelancaran proses kerja. Selengkapnya

    Presiden Minta Segera Integrasikan Layanan pada Portal Nasional

    Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika terdapat lebih dari 27.000 aplikasi yang ada di tingkat pusat dan daerah. Selengkapnya

    Pemerintah Dukung Pembentukan Ekosistem Startup di Kawasan IKN

    Untuk memperkuat digitalisasi yang menjadi bagian penting dari ekosistem startup, Kemenparekraf telah mempersiapkan berbagai program yang di Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA