FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 09-2023

    370

    KTT AIS Forum Momentum Jadikan Kepulauan Seribu Wisata Percontohan

    Kategori Rilis Media GPR | mth
    Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kanan) berbincang dengan salah satu tamu mancanegara di Jakarta Innovation Days (JID) 2023 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappenda) Provinsi DKI Jakarta, di Balai Kota, Jakarta, Senin (25/9/2023). - (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT AIS FORUM 2023

    No.09/SP/TKM-AISFORUM2023/9/2023

     

    KTT AIS Forum Momentum Jadikan Kepulauan Seribu Wisata Percontohan

    Jakarta, 25 September 2023 –Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 akan menjadi momentum bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenalkan Kepulauan Seribu sebagai salah satu percontohan destinasi pariwisata berbasis kepulauan di Tanah Air.

    Demikian dikatakan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Senin (25/9/2023) di Jakarta.

    KTT AIS Forum merupakan pertemuan negara-negara pulau dan kepulauan yang akan digelar Indonesia di Nusa Dua, Bali pada 11-12 Oktober 2023.

    Sebanyak 25 kepala negara/pemerintah dari negara pulau dan kepulauan ditargetkan hadir, salah satunya untuk membahas kerja sama meningkatkan kondisi tata ruang laut di wilayah masing-masing.

    "Ya, semua kami (Pemerintah Provinsi DKI Jakarta) mendukungnya, kan sebagian bakal dibahas di Bali," kata Heru.

    Pemprov DKI dikatakannya menjadikan pengembangan sektor pariwisata khususnya yang berbasis kepulauan masuk dalam skala prioritas. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memperoleh tambahan pendapatan asli daerah (PAD) dari setiap aktivitas kunjungan pariwisata.

    Sebagai contoh misalnya, Jakarta yang bekerja sama dengan seluruh instansi terkait yang terus melakukan penambahan jumlah dan jenis moda transportasi publik, melakukan perbaikan sarana dan prasarana destinasi pariwisata unggulan lain seperti Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan tak terkecuali di Kepulauan Seribu.

    Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta tahun 2022 sektor pariwisata menyumbang setidaknya lebih dari Rp500 miliar dari total pendapatan asli daerah (PAD) senilai Rp5,29 triliun.

    "Melalui upaya ini mudah-mudahan (PAD dari sektor pariwisata DKI) bisa naik terus," kata dia.

    Sebelumnya, Anggota Komisi B DPRD Bidang Perekonomian DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli menilai penyelenggaraan, KTT AIS Forum 2023 akan turut menjadi momentum untuk Pemprov DKI meningkatkan perkembangan wisata Kepulauan Seribu.

    Menurut Taufik, wisata Kepulauan Seribu bisa menjadi penyumbang pemasukan terbesar Jakarta jika dikelola dengan baik. Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa wisata Kepulauan Seribu juga bisa menjadi salah satu motor pendapat daerah jika kelak Jakarta tidak lagi berstatus ibu kota. 

    ***

    Tentang AIS Forum:

    Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.

     

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).

     

    Berita Terkait

    KTT AIS Forum 2023 Sepakati Peningkatan Kerja Sama Inklusif, Setara, dan Solid

    Dukungan penuh Indonesia untuk Deklarasi ini juga dikatakan Presiden sebagai wujud komitmen Indonesia mendorong kerja sama yang sudah terjal Selengkapnya

    AIS Forum Gandeng Akademisi Kembangkan Sistem Perikanan Berkelanjutan

    AIS Forum mengajak sejumlah perguruan tinggi dan lembaga penelitian berkolaborasi mengembangkan solusi inovatif dari masalah tersebut. Selengkapnya

    AIS Forum Latih Pemuda Menyiapkan Tata Kelola Laut

    AIS Forum telah memulai misi untuk melibatkan pemimpin pemuda potensial dan calon pembuat perubahan dari sejumlah komunitas adat di Kepulaua Selengkapnya

    KTT AIS Forum Momentum Unjuk Kebaikan Ekonomi Biru

    Untuk mencapai masa depan yang lebih berkelanjutan bagi lautan, lanjutnya, negara pulau dan kepulauan perlu mengembangkan solusi cerdas dan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA