FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 10-2023

    284

    AIS Youth Conference Langkah Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda tentang Isu Kelautan dan Iklim

    Kategori Rilis Media GPR | mth
    Archipelagic and Island States (AIS) Forum menyelenggarakan AIS Youth Conference sebagai bagian dari rangkaian pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AIS Forum yang pertama. Konferensi itu berlangsung selama tiga hari, yakni 6--8 Oktober 2023 bertempat di Hotel Mulia Nusa Dua, Badung, Provinsi Bali.

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT AIS FORUM 2023

    No.22/SP/TKM-AISFORUM2023/10/2023

     

    AIS Youth Conference Langkah Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda

    tentang Isu Kelautan dan Iklim

     

    Badung, 6Oktober 2023 – Archipelagic and Island States (AIS) Forum menyelenggarakan AIS Youth Conference sebagai bagian dari rangkaian pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AIS Forum yang pertama. Konferensi itu berlangsung selama tiga hari, yakni 6--8 Oktober 2023 bertempat di Hotel Mulia Nusa Dua, Badung, Provinsi Bali. 

    AIS Youth Conference mengambil tema “Bridging the Waves for the Ocean Future We Want,” dengan menghadirkan para pemuda dari 29 negara AIS Forum yang mewakili tiga region yakni Pasifik, Atlantik, dan Hindia.

    Para pemuda ini terpilih melalui proses seleksi yang dilakukan oleh Sekretariat AIS Forum. Mereka akan berpartisipasi dan berperan dalam upaya mengadvokasi  penjagaan  lautan yang berkelanjutan dan mengembangkan ekonomi biru.

     Di hari pertama pada 6 Oktober 2023, AIS Youth Conference dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Republik Indonesia Jodi Mahardi. Pada kesempatan ini, Deputi Mahardi memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan AIS Youth Conference 2023. 

    Kepala Sekretariat AIS Forum Riny Modaso menyampaikan bahwa AIS Youth Conference adalah inisiatif strategis dari AIS Forum yang bertujuan untuk melibatkan generasi muda dalam proses dan aktivitas yang bertujuan meningkatkan kesadaran regional tentang isu-isu kelautan dan iklim.

     "Generasi muda adalah kekuatan masa depan dalam memastikan keberlanjutan lautan dan sumber daya maritim. Mereka adalah bagian integral dari solusi untuk tantangan global yang dihadapi oleh negara-negara AIS," ujar Riny.

     Lebih lanjut, Riny mengungkapkan bahwa agenda AIS Youth Conference 2023 mencakup empat topik utama, yaitu AIS Youth for Ocean-based Climate Actions, Advancing Youth-led Blue Entrepreneurship, Project & Business Management 101 for AIS Youth, serta Youth-advocacy in International Ocean Diplomacy.

     

    Selama dua hari, para delegasi pemuda AIS Forum akan membahas  isu-isu tersebut. Pada hari ketiga, akan dilakukan site visit/ kunjungan lokasi ke salah satu kawasan eko-wisata kelautan di Bali.

    “Mereka akan terlibat dalam berbagai sesi panel, diskusi, dan kunjungan ke industri perikanan lokal di Bali serta kegiatan eko-wisata kelautan. Selain itu, pemuda-pemuda ini akan menyusun AIS Youth Declaration yang akan menjadi elemen penting dalam upaya mendorong tindakan nyata untuk laut yang lebih baik,” imbuhnya.

     Dalam konferensi yang juga menjadi bagian dari KTT AIS Forum 2023, Riny mengatakan bahwa diharapkan  akan ada delegasi pemuda AIS yang bisa menghadiri Leader’s Lunch bersama para kepala negara pada puncak KTT AIS Forum 2023. Jika demikian, maka mereka berkesempatan untuk menyampaikan advokasi dan hasil dari AIS Youth Conference 2023  kepada para delegasi  KTT AIS Forum 2023.

     “AIS Youth Conference 2023 adalah langkah penting dalam mempersiapkan generasi muda untuk menjadi pemimpin masa depan dalam upaya menjaga dan memperkuat lautan serta ekonomi biru. Ini adalah langkah konkret menuju masa depan kelautan yang kita inginkan,” tutup Riny. 

    ***

    Tentang AIS Forum:

    Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagai platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.

     

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Thomas Benmetan, Head of Marketing & Communication, Sekretariat AIS Forum (thomas.benmetan@undp.org).

    Berita Terkait

    KTT AIS Forum 2023 Sepakati Peningkatan Kerja Sama Inklusif, Setara, dan Solid

    Dukungan penuh Indonesia untuk Deklarasi ini juga dikatakan Presiden sebagai wujud komitmen Indonesia mendorong kerja sama yang sudah terjal Selengkapnya

    AIS Forum Gandeng Akademisi Kembangkan Sistem Perikanan Berkelanjutan

    AIS Forum mengajak sejumlah perguruan tinggi dan lembaga penelitian berkolaborasi mengembangkan solusi inovatif dari masalah tersebut. Selengkapnya

    AIS Forum Latih Pemuda Menyiapkan Tata Kelola Laut

    AIS Forum telah memulai misi untuk melibatkan pemimpin pemuda potensial dan calon pembuat perubahan dari sejumlah komunitas adat di Kepulaua Selengkapnya

    AIS Youth Conference 2023 Hasilkan Deklarasi Pemuda

    Deklarasi ini berisi komitmen para pemuda negara-negara AIS terhadap upaya perlindungan ekosistem laut demi masa depan yang berkelanjutan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA