FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 10-2023

    328

    Delegasi Pertemuan Tingkat Menteri AIS Forum Sepakat Bangun Solidaritas dan Kolaborasi

    Kategori Rilis Media GPR | mth
    Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L Marsudi bersama seluruh delegasi yang hadir dalam pertemuan ke-5 Tingkat Menteri Negara-negara Pulau dan Kepulauan atau 5th Ministerial Meeting (MM) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di BNDCC, Bali Selasa (10/10/2023). - (Amiri Yandi/infopublik.id)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT AIS FORUM 2023

    No.60/SP/TKM-AISFORUM2023/10/2023

     

    Delegasi Pertemuan Tingkat Menteri AIS Forum Sepakat Bangun Solidaritas dan Kolaborasi

     

    Bali, 10 Oktober 2023 –  Seluruh delegasi yang hadir dalam Pertemuan Kelima Tingkat Menteri Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau 5th Ministerial Meeting (MM) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 sepakat menjadikan solidaritas dan kolaborasi penting dilakukan untuk mengatasi berbagai tantangan perubahan iklim khususnya yang akan berimbas pada sektor kelautan.

    Demikian dikatakan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L. Marsudi saat memberikan keterangan pers di Media Center KTT AIS Forum, Selasa (10/10/2023).

    “Kita senang. Delegasi yang hadir di the 5th MM AIS Forum 2023 semua berkomitmen sama,” katanya sembari mengatakan jika fokus pertemuan adalah pada pembangunan ekonomi biru, tantangan perubahan iklim, dan solidaritas antarnegara pulau dan kepulauan.

    Usai pertemuan yang berlangsung di BNDCC, Badung, Bali tersebut, para peserta the 5th MM AIS Forum  2023 menyadari bahwa kesamaan pandangan tersebut adalah aset utama. Semua anggota AIS Forum sepakat harus mengimplementasikannya agar mampu mengatasi berbagai tantangan global yang menghadang di masa depan, terutama terkait kelautan. 

    Fenomena alam yang terjadi beberapa waktu belakangan, kata Retno harus diatasi dengan semangat kebersamaan. Bersama mencari solusi yang inovatif. “Kebersamaan dan kolaborasi antarnegara pulau dan kepulauan harus dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan, sehingga dampaknya akan lebih luas,” kata Retno.

    Salah satu agenda The 5th MM AIS Forum 2023 adalah perumusan dokumen deklarasi para pemimpin. Nantinya, dokumen itu akan diserahkan kepada para kepala negara untuk dibahas dalam KTT AIS Forum 2023 yang akan berlangsung, Rabu (11/10/2023). Forum ini akan dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko  Widodo. 

    ***


    Tentang AIS Forum:

    Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagai platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.

     

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

     

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).

     

    Dapatkan siaran pers, narasi, foto, dan video terkait KTT AIS Forum 2023 di https://s.id/aispedia

     

    Berita Terkait

    Perdana Menteri Sao Tome Hadiri KTT AIS Forum 2023 di Bali

    Norimasa Shimomura menggunakan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6518 tiba sekitar pukul 17.20 WITA. Selengkapnya

    Delegasi KTT AIS Forum Mulai Berdatangan di Bali

    Tari-tarian khas Bali turut menyemarakkan penyambutan kedua tamu KTT AIS Forum yang akan digelar pada 10-11 Oktober 2023. Selengkapnya

    Kawasan The Nusa Dua Bali akan Sukseskan KTT AIS Forum dengan Layanan Maksimal

    Central Parkir ITDC juga dimanfaatkan sebagai lokasi parkir kendaraan mobil listrik yang akan digunakan para delegasi selama penyelenggaraan Selengkapnya

    Presiden RI Pimpin KTT AIS Forum Hari Ini

    Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan membuka KTT AIS Forum pada pukul 09.45 WITA, dengan menyampaikan pidato sambutan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA