FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 10-2023

    358

    Proses Tematik The 2nd SCM Sepakati Rumusan Tata Kelola Air untuk Manusia dan Alam

    Kategori Artikel GPR | anni006

    Badung, 13 Oktober 2023 - Lima topik hasil diskusi tematik untuk subtema 2 Water for Human and Nature telah disepakati oleh 118 peserta dalam kegiatan The 2nd Stakeholder’s Consultation Meeting (SCM) di Hotel Intercontinental Bali Resort, Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada Jumat (13/10/2023).

    Kelimanya disepakati setelah melalui diskusi mendalam oleh para pemangku kepentingan pada Kamis (12/10/2023). 

    Topik yang dimaksud antara lain, pertama adalah perbaikan kualitas air (water quality improvement), konservasi dan pemulihan air tawar dan keanekaragaman hayati (conservation and restoration of freshwater and biodiversity), air minum yang aman untuk semua (safe drinking water for all), akses terhadap sanitasi dan kebersihan air untuk semua (access to water sanitation and hygiene for all), dan pengelolaan sumber daya air terpadu dan pendekatan lintas sektoral (integrated water resources management and cross-cutting, cross sectoral approaches).

    Hasil diskusi yang disepati tersebut dimaksudkan untuk menguatkan hubungan antara peningkatan kualitas air untuk kebutuhan manusia dan alam pada skala wilayah sungai dengan pendekatan dan teknologi baru di masa depan.  Penerapan lima topik tersebut akan berdampak positif membangun sistem pendidikan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

    Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan harapannya agar dampak dari pertemuan the 2nd SCM di Bali tersebut akan bersinergi dengan rencana pemerintah yang bakal menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) tentang air bersih. Karena, tujuan  pemerintah menerbitkan aturan tersebut untuk mengakselarasi pemerataan akses air bersih di seluruh penjuru tanah air.

    Indonesia masih membutuhkan 10 juta sambungan air bersih di berbagai wilayah di tanah air.

    Inpres tersebut jadi salah satu contoh baik yang dibagikan di the 2nd SCM bahwa pemerintah Indonesia berkomitmen meningkatkan tata kelola air untuk kebutuhan masyarakatnya.

    The 2nd SCM di Bali yang diselenggarakan selama dua hari pada 12--13 Oktober 2023 dengan mempertemukan sekitar 1.094 pemangku kepentingan dari 73 negara yang terdiri dari unsur pemerintah, otoritas lokal, parlemen, organisasi, dan masyarakat.

    Pelaksanaan The 2nd SCM di Bali adalah lanjutan dari Kick Off Meeting atau The 1st SCM pada Februari 2023. Hasil The 2nd Indonesia mendorong partisipan yang hadir menguatkan empat isu penting yang akan dibawa ke World Water Forum ke-10 pada Mei 2024. 

    Berita Terkait

    Forum Tematik Bakohumas: Komitmen Seluruh Humas Sukseskan Pelaporan SPT dan Pemadanan NIK-NPWP

    Selengkapnya

    Hari Statistik Nasional 2023: Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju

    Selengkapnya

    Pemerintah ajak Masyarakat Manfaatkan Torch Relay untuk Promosikan Wisata Daerah

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA