FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 10-2023

    3128

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten unggahan video di media sosial TikTok dengan narasi Pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) tengah bersiap berangkat menuju Palestina. Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com, klaim tersebut nyatanya keliru.  Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono membantah hal tersebut.

    "Pemberangkatan pasukan TNI tersebut merupakan pemberangkatan Batalyon 712 Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG dan pasukan TNI penjaga perdamaian di Lebanonm," ujarnya.

    Ternyata beberapa cuplikan video identik dengan video yang diunggah oleh kanal YouTube 712 Wiratama pada 8 Desember 2022.

    Julius Widjojono menambahkan bahwa penugasan pasukan TNI ke wilayah berkonflik sejauh ini adalah sebagai penjaga perdamaian di bawah payung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

    Berikut laporan isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Kamis (19/10/2023):

    1. [DISINFORMASI] Video Kemunculan Awan Panas di Aceh
    2. [DISINFORMASI] Video Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina
    3. [HOAKS] Surat Pemanggilan CPNS Mengatasnamakan BKN

    Berita Terkait

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Menteri Keuangan RI Resmi Mundur? Itu Hoaks!

    Video tersebut merupakan video lama saat Menteri Sri Mulyani menyampaikan salam perpisahan pada tahun 2010, ketika beliau mundur sebagai Men Selengkapnya

    Oman Bantu Indonesia Usut Kecurangan Wasit Piala Asia 2023? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari situs turnbackhoax.id, video tersebut tidak sesuai ant Selengkapnya

    Kedatangan Pengungsi Rohingya Menangkan Paslon Tertentu? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari cekfakta.tempo.co, narasi mengenai gelombang kedatanga Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA