FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 10-2023

    434

    Keberhasilan Kolaborasi Penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023

    Kategori Rilis Media GPR | mth
    Dapatkan siaran pers, narasi, foto, dan video terkait KTT AIS Forum 2023 di https://s.id/aispedia Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Federasi Mikronesia Wesley W Simina setibanya di lokasi KTT AIS Forum 2023 di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (11/10/2023). - (Media Center KTT AIS Forum 2023/Aditya Pradana Putra/nym.)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT AIS FORUM 2023
    No.74/SP/TKM-AISFORUM2023/10/2023

     

    Keberhasilan Kolaborasi Penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023

    Badung, 13 Oktober 2023 – Sekali lagi Indonesia sukses menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT). Yang baru saja usai, pada 10 & 11 Oktober lalu, adalah KTT Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023, di Nusa Dua, Provinsi Bali.

    Seperti juga halnya konferensi lain, kesuksesan KTT bisa dinilai dari kelancaran pelaksanaan acara dan juga keindahan dan kenyamanan tata ruang tempat konferensi diselenggarakan. Tentu saja, di baliknya ada tangan-tangan yang berperan besar, baik dari sisi logistik maupun kreatif.

    Pactoconvex Niagatama menjadi Professional Conference Organizer (PCO) KTT AIS Forum 2023. “Mendapat kepercayaan untuk merencanakan dan menyelenggarakan pertemuan tingkat kepala negara merupakan kebanggaan bagi kami,” kata Wiwin Kurniawan, Direktur Pemasaran dan Operasional Pactoconvex Niagatama.

    Untuk acara KTT AIS Forum 2023, Pacto Convex bertugas membuat konsep acara, branding, menyiapkan kendaraan listrik, akomodasi, ruangan pertemuan, ruang sidang, dekorasi, jamuan, fasilitas kesehatan, merancang cultural program, gala dinner, hingga suvenir. Hebatnya, semua disiapkan dalam waktu kurang dari 20 hari.

    Konsep Besar Desain dan Acara

    Menerjemahkan tema besar "Fostering Collaboration, Enabling Innovation, for our Ocean and Our Future" yang diusung oleh AIS Forum 2023, Elwin Mok selaku Visual Creative Consultant menghadirkan experiences yang menggambarkan pentingnya laut bagi masa depan umat manusia, secara multidimensional.

    Pengalaman dihadirkan mulai dari stillasi gelombang laut di area penyambutan. Inilah yang menjadi latar foto saat Presiden Joko Widodo menyambut para tamu konferensi. Gelombang adalah simbol bahwa arus laut berpotensi menjadi sumber energi terbarukan.

    Rubi Roesli, arsitek dan desainer interior, yang bertanggung jawab mendesain ruang KTT AIS Forum 2023 yang menurunkan tema menjadi warna dan desain. “Kami bangun deck kayu di area drop off, di atasnya dibuat stilasi ombak dengan desain komputasi, agar presisi,” kata Rubi.

    Nuansa laut ini terus-menerus dihadirkan. Memasuki lobby, dipasang layar lebar setinggi langit-langit yang menampilkan video animasi kehidupan laut. Tamu yang hadir akan merasa seperti menyelam masuk lautan.

    Di dalam ruang antara atau lobi, ide Elwin diimplementasikan dalam bentuk layar raksasa berukuran 79x6 meter yang menampilkan konten animasi karya seniman visual muda Indonesia Isha Hening. Animasi biota laut Indonesia mewakili dimensi lain dari kekayaan laut. Diharapkan, semua yang hadir tidak lupa menjaga pemanfaatan biota laut, agar keseimbangan antara nilai ekonomis dan ekologis tetap terjaga.

    Ruang meeting juga didominasi aura laut. Desain meja pertemuan berbentuk melingkar, menggambarkan kesan mengalir yang juga bertumpu pada satu pusat. Sisi dalam lingkaran meja pertemuan diisi bilah-bilah akrilik yang dibentuk seperti lidah ombak yang mengeliling logo AIS. Warna biru hadir dari bias lampu, cantik sekali.

    Alam Bawah Laut saat Makan Malam

    Rubi juga bertanggung jawab atas desain area penyambutan untuk acara gala dinner pada 10 Oktober 2023. “Area tersebut didesain dengan LED yang disusun dengan komposisi balok-balok vertikal yang diletakkan acak. Setelah diisi konten animasi, jadinya seperti tumpukan akuarium,” katanya.

    Sedangkan untuk ruang makan malam, menjadi tanggung jawab Roan Y Aprina. Secara visual, ruangan santap malam diubah menjadi kanvas 360 derajat yang menampilkan berbagai keindahan alam bawah laut. Saat makan malam, latar tersebut menampilkan animasi kehidupan laut. Menarik sekali, karena para tamu bisa menyaksikan beluga besar yang mondar-mandir. Begitu nyata, seolah memang sedang makan malam di jantung samudera.

    Kerja sama mewujudkan KTT AIS Forum adalah kerja keras banyak pihak, mulai dari Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Presiden, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Luar Negeri, Celsius Creative Lab, Biroe Architecture, Flora Lines, dan Isha Hening untuk konten animasi, semua di bawah arahan kreatif dari Wishnutama. Kerja sama apik, sungguh cocok dengan semangat AIS Forum 2023 yang menggaungkan kolaborasi.

    “Kami beruntung bekerja dengan tim yang solid dan tak kenal lelah, mereka bekerja sepanjang hari,” tutup Wiwin. (Budiana/Elvira Inda Sari)

    ***

    Tentang AIS Forum:
    Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagai platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong (0816785320).

     

     

    Berita Terkait

    Desain Nuansa Lautan di KTT AIS Forum

    Nuansa kejutan juga hadir di lobi, saat para tamu negara disambut suasana laut yang tersuguh di dinding hingga mencapai langit-langit, lewat Selengkapnya

    Contoh Baik Tata Kelola Sampah Laut Indonesia di KTT AIS Forum

    Di Kota Padang, Sumatera Barat, sebagian masyarakat, termasuk para nelayan saat ini berebut mengumpulkan sampah karena dapat ditukarkan menj Selengkapnya

    Aksi Bersih-Bersih dan Tanam Mangrove AIS Forum

    Program penanaman mangrove bulan ini fokus diadakan di Indonesia terkait dengan digelarnya KTT AIS Forum. Di luar KTT AIS Forum, pembersihan Selengkapnya

    Tiga Pesan Presiden RI di KTT AIS Forum

    Ketiganya bisa menjadi panduan arah kerja sama dan kolaborasi negara Pulau dan kepulauan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA