FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 11-2023

    758

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Kategori Berita Kominfo | Erbi
    Sekitar 50 pelajar SD mengunjungi Pusat Monitoring Telekomunikasi Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (03/11/2023). - (PeyHS)

    Jakarta Pusat, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan perhatian terhadap perkembangan dan dinamika dunia digital nasional. Salah satu upaya untuk memberikan pemahaman sejak dini kepada generasi muda, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo menerima kunjungan pelajar sekolah dasar di Pusat Monitoring Telekomunikasi Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (03/11/2023).

    Sekretaris Ditjen PPI Kementerian Kominfo Indra Maulana menyatakan kunjungan ini dapat menjadi media untuk menjelaskan kepada pelajar tentang perkembangan internet di Indonesia. Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar para pelajar mengetahui peta persebaran internet di tanah air. 

    "Agar anak-anak bisa tahu seperti apa pemerintah bekerja, seperti apa kondisi telekomunikasi di Indonesia, ada blank spot, ada daerah-daerah yang masih belum terakses informasi dan masih banyak saudara-saudaranya yang belum bisa berinternet seperti mereka di Jakarta," ujarnya saat menerima Kunjungan Siswa SD Cita Persada Depok.

    Menurut Indra Maulana, kunjunan dan diskusi ini penting untuk memberikan informasi dan inspirasi bagi anak-anak tentang pengaruh internet dan perkembangannya di tanah air.  

    "Penting bagi mereka untuk mendapatkan informasi dan inpirasi yang mungkin akan membentuk masa depan mereka nanti. Dan kedatangan ke pusat monitoring telekomunikasi menurut saya mungkin bisa memberikan inspirasi itu," ungkapnya.

    Dalam kunjunan itu, setelah pemaparan mengenai lingkup kerja Kementerian Kominfo dan pengelolaan telekomunikasi dan penyiaran, setiap siswa memiliki kesempatan bertanya mengenai seluk beluk dunia digital dan peran Kementerian Kominfo.

    Sesditjen PPI Kementerian Kominfo mengaku terkejut dengan pengetahuan pelajar mengenai dunia digital. Menurutnya, saat ini siswa SD tak kalah, bahkan lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa. 

    "Ya agak kaget juga ternyata mereka justru udah tahu lebih banyak daripada kita. Tadi ada pertanyaan-pertanyaan yang biasanya hanya orang dewasa, ternyata mereka paham juga, mengenai reddit, mengenai censhorship, mengenai games dan lain-lain," tandasnya serata berharap nantinya di antara peserta ada yang bisa bekerja di sektor ini, sektor pos, telekomunikasi, penyiaran maupun sektor terkait, seperti programmer, coder, jadi gamers atau jadi influencer. 


    Kepala Sekolah SD Cita Persada, Ken Dedes mengungkapkan bahwa kunjungan tersebut merupakan bagian dari program sekolah untuk memperkenalkan informasi seputer perkembangan dunia digital. 

    "Karena program kami mengenalkan teknologi. Kita belajar dari sekolah teorinya, terus bagaimana dalam kehidupan nyatanya, praktisnya apalagi di kantor pemerintahan seperti Artificial Intelligence dan Artificial Reality,” tuturnya. 

    Ken Dedes berharap kunjungan tersebut bisa memberi manfaat bagi para pelajar bagaimana peran pemerintah dalam mengelola perkembangan teknologi di tanah air. 

    "Supaya mereka lebih sadar bahwa apa yang mereka punyai sekarang sudah ada yang ngatur. Terutama peran Pemerintah lebih nyata bagi mereka sampai ke kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    [Berita Foto] Kunjungan Kerja di Barcelona Berakhir, Menkominfo Kembali ke Tanah Air

    Menkominfo telah menyelesaikan beberapa agenda utama, di antaranya pertemuan dengan Sekretaris Jenderal International Telecommunication Unio Selengkapnya

    Komputer Penyebar Konten Misinformasi Dinonaktifkan? Awas Hoaks!

    Tidak ditemukan pemberitaan dengan sumber kredibel mengenai penonaktifan komputer yang kerap menyebar konten antimainstream untuk mencegah s Selengkapnya

    Capai 92 Persen, Kominfo Targetkan BBPPT Berkelas Dunia

    Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail menegaskan pembangunan akan rampung tahun ini dan menargetkan mendapat predikat World Class Testing Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA