FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 11-2023

    524

    Tingkatkan Kualitas Layanan Informasi Publik, Kominfo Gelar Bimtek PID

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Semarang, Kominfo -Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan perhatian penuh pada upaya pemenuhan hak atas informasi publik. Melalui Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi Publik memandu Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi dalam menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

    Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen IKP Kementerian Kominfo Hasyim Gautama menyatakan saat ini ada kencenderungan keterbukaan badan publik di Indonesia mengalami stagnasi sejak tahun 2010 hingga 2022. 

    “Dari sisi badan publik, berdasark an hasil monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik tahun 2022, telah terjadi kenaikan signifikan terhadap persentase badan publik yang berpredikat tidak informatif, naik sebesar 42 persen. Hak masyarakat untuk tahu belum bisa dipenuhi dan terus mengalami penurunan sejak tahun 2019 hingga 2022 berdasarkan hasil Survei Indeks Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik,” tuturnya saat membuka Bimbingan Teknis Kebijakan Pengelolaan Infomasi dan Dokumentasi di Semarang, Jawa Tengah, Senin (09/11/2023).

    Menurut Direktur TKKKP Ditjen IKP Kementerian Kominfo, kondisi tersebut mengindikasikan masih terdapat kendala di Badan Publik dalam upaya mewujudkan keterbukaan informasi.

    “Kendala ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk faktor sumber daya, koordinasi internal dan antar badan publik, integrasi data, teknologi, dan berbagai kendala lainnya,” ungkapnya.

    Oleh karena itu, Direktur Hasyim Gautama menyatakan penyediaan informasi terbuka dan pelayanan atas permintaan informasi publik sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, perlu ditingkatkan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

    Kementerian Kominfo sebagai instansi pembina teknis penyelenggaraan urusan pemerintahan konkuren bidang komunikasi dan informatika,  terus berusaha memfasilitasi dalam hal teknologi, salah satunya dengan aplikasi umum layanan informasi publik info.go.id yang saat ini masih terus kami kembangkan. Serta meningkatkan jenjang karir Pranata Humas Tingkat Ahli menjadi Pranata Humas Utama dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi PPID,” jelasnya.

    Direktur TKKKP Ditjen IKP Kementerian Kominfo mengharapkan peserta akan dapat belajar dari narasumber dan berbagi pengalaman serta solusi terhadap berbagai permasalahan terkait pengelolaan informasi dan dokumentasi.

    “Demi mewujudkan palayanan informasi publik dan kelembagaan PPID yang lebih baik,” tandasnya. 

    Dalam acara yang berlangsung secara hibrida itu hadir perwakilan PPID dari kementerian dan lembaga nonkementerian, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota dari seluruh Indonesia.

    Berita Terkait

    Berdayakan Perempuan Pelaku UMKM, DWP Kominfo Gelar Bazar Ramadan 2024

    Bazar Ramadhan DWP Kementerian Kominfo tersebut diikuti oleh perempuan pelaku UMKM makanan, pakaian, dan kebutuhan rumah tangga lain. Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    Perkuat Netralitas ASN Selama Pemilu 2024, Kominfo Gelar Sosialisasi

    Menurut Imam Suwandi, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA