FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 11-2023

    303

    Hari Pahlawan Tahun 2023, Presiden Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kalibata

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Jakarta Selatan, Kominfo - Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara memimpin ziarah nasional dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2023).

    Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Komandan Upacara Kolonel Pnb. Puguh Yulianto. Kemudian dalam suasana hening, sirene dibunyikan selama 60 detik untuk mengenang Pertempuran 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya. Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara selanjutnya memimpin prosesi mengheningkan cipta.

    Kepala Negara kemudian meletakkan karangan bunga dan diikuti dengan pembacaan doa bagi para arwah pahlawan yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Setelah itu, komandan upacara memimpin penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

    Selepas rangkaian upacara peringatan, Presiden bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan didampingi sejumlah jajaran terkait meninggalkan tempat upacara untuk melaksanakan tabur bunga di pusara sejumlah pahlawan. Tabur bunga antara lain dilakukan di makam B.J. Habibie, Ainun Habibie, Ani Yudhoyono, Umar Wirahadi Kusuma, Soedarmono, Adam Malik, para pahlawan revolusi, hingga dan pahlawan tidak dikenal.

    Presiden Joko Widodo dalam unggahannya di akun Instagram pribadi mengatakan bahwa para penerus bangsa yang hari ini mengenang jasa para pahlawan harus menanamkan tekad mengisi kemerdekaan dengan semangat tinggi demi kemajuan bangsa.

    “Kita kembali memancangkan tekad mengisi kemerdekaan itu dengan kerja keras dan semangat tinggi untuk memerangi kemiskinan, memberantas kebodohan, dan bersama menyongsong kemajuan Indonesia,” tulisnya.

    Turut hadir dalam upacara tersebut yaitu Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Agus Subiyanto.

    Berita Terkait

    Buka Perdagangan BEI Tahun 2024, Wapres Paparkan Strategi Majukan Pasar Modal Indonesia

    Pemanfaatan platform digital ini akan semakin mempermudah akses pasar modal dan menarik minat masyarakat, khususnya generasi muda dan mileni Selengkapnya

    Pagi di Fakfak, Presiden Tanda Tangani Tugu Pancasila Kampung Tanama

    Setelahnya, Presiden Jokowi melanjutkan kegiatannya menuju Kawasan LNG Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Bintuni untuk meresmikan Proyek Strate Selengkapnya

    Bertemu Raja Yordania, Presiden: Posisi Indonesia dan Yordania Sama Soal Palestina

    Presiden Joko Widodo menyebut bahwa Indonesia dan Yordania memiliki posisi yang sama dalam perjuangkan kemerdekaan Palestina berdasarkan sol Selengkapnya

    Presiden Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI

    Bertindak selaku komandan upacara yaitu Mayor Jenderal TNI Choirul Anam yang saat ini menjabat sebagai Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA