FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 01-2024

    473

    Kominfo Dapatkan Predikat Memuaskan dalam Penilaian SPBE 2023

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Jakarta Selatan, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapatkan predikat memuaskan dalam evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Periode 2023 yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan angka indeks 4,52. 

    Hasil akhir yang memuat nilai Indeks SPBE beserta predikatnya telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri PANRB Nomor 13 Tahun 2024 tentang Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2023,” ujar Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB, Cahyono Tri Birowo, dalam Pengumuman Hasil Evaluasi SPBE 2023 di Jakarta Selatan, seperti dikutip pada Minggu (14/01/2024).

    Dalam penilaian itu Kementerian Kominfo berada di posisi ketiga tertinggi untuk Kategori Kementerian, setelah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Indeks 4,67 dan Kementerian Keuangan dengan Indeks 4,66.

    Asdep Cahyono menjelaskan, proses Evaluasi SPBE 2023 dilakukan terhadap seluruh perwakilan 621 Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD).

    Penilaian itu telah melalui serangkaian tahapan, yang diawali penilaian mandiri oleh masing-masing IPP.

    “Kemudian (proses evaluasi) dilanjutkan tahapan Penilaian Eksternal melalui Penilaian Dokumen, Penilaian Interviu, dan Penilaian Visitasi (IPPD tertentu),” imbuhnya.  

    Lebih lanjut Asdep Cahyono mengatakan, Laporan Hasil Evaluasi (LHE) SPBE masing-masing IPPD yang memuat rincian Indeks Domain, Indeks Aspek, dan Nilai Tingkat Kematangan 47 indikator, serta Rekomendasi akan dapat diakses melalui aplikasi Tauval SPBE yang akan diinformasikan dalam waktu dekat.

    Cahyono memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja seuruh perwakilan 621 IPPD yang telah berpartisipasi dalam rangka mengoptimalkan penerapan SPBE selama 2023.

    “Kami berharap, upaya dan sinergitas penerapan SPBE dari seluruh IPPD akan terus berlanjut secara konsisten untuk mewujudkan Indonesia maju,” tandas Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE, Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, Kementerian PANRB.

    Berita Terkait

    Dorong Aktivasi Gim Nasional Lewat Partisipasi dalam India Gaming Show 2024

    Jadi salah satu tindak lanjut dari amanat Perpres Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Selengkapnya

    Wapres Paparkan Tiga Langkah Strategis Kembangkan Ekosistem Rantai Nilai Halal

    Selain dukungan multipihak, diperlukan langkah-langkah strategis dalam mewujudkan ekosistem tersebut. Selengkapnya

    Pimpin SKP, Presiden Tekankan Kesiapan Ramadan dan Penyusunan RAPBN 2025

    Presiden menginstruksikan seluruh kementerian dan lembaga terkait untuk memastikan masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan khu Selengkapnya

    Presiden Sapa Masyarakat dan Pedagang di Pasar Melonguane Talaud

    Presiden pun kemudian berkeliling di area pasar seraya menyapa para pedagang sekaligus mengecek harga sejumlah kebutuhan pokok. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA