FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 03-2024

    262

    150 Media Center Hasilkan Ribuan Konten, Wamenkominfo Dorong Maksimalkan Penyebaran Informasi

    SIARAN PERS NO. 184/HM/KOMINFO/03/2024
    Kategori Siaran Pers
    Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria (tengah) didampingi Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo Usman Kansong (kiri), dan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemkominfo Arief Tri Hardiyanto (kanan) berfoto bersama usai meluncurkan Kominfo Newsroom yang dikelola Direktorat Pengelolaan Media Ditjen IKP Kemkominfo, di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (05/03/2024). - (AYH)

    Siaran Pers No. 184/HM/KOMINFO/03/2024

    Selasa, 5 Maret 2024

    tentang

    150 Media Center Hasilkan Ribuan Konten, Wamenkominfo Dorong Maksimalkan Penyebaran Informasi 

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menjalin jejaring pengelolaan media center dengan kementerian, lembaga dan pemerintah daerah. Sebanyak 150 media center yang tersebar di pemerintah provinsi, kabupaten dan kota telah bersinergi dengan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo dalam pengelolaan konten dan diseminasi informasi mengenai kebijakan dan program pemerintah.

    Wamenkominfo Nezar Patria mendorong seluruh jejaring meningkatkan kolaborasi untuk meningkatkan diseminasi informasi program dan kebijakan pemerintah kepada masyarakat.

    “Jadi kekuatan ini perlu kita pikirkan, perlu kita renungkan juga apakah kita sudah maksimal dalam melakukan tugas-tugas komunikasi dan tugas-tugas penyebaran informasi,” tegasnya dalam Anugerah Media Center (AMC) 2024 di Kota Bandung Jawa Barat, Selasa (05/03/2024) malam.

    Menurut Wamen Nezar Patria jejaring media center telah menjadi “content factory besar di Indonesia. Apalagi konten dalam bentuk berita maupun foto akan membantu masyarakat dalam mendefinisikan situasi atau realitas sosial, ekonomi, politik, budaya melalui ekosistem media setiap hari. 

    “Ada 150 Media Center yang dilaporkan oleh Bapak Dirjen IKP Usman Kansong, (terdiri dari) 8.000 konten berita dan 3.000 foto yang dihasilkan setiap bulan. Jadi sebetulnya kita adalah content factory yang lumayan besar untuk ukuran produksi informasi di republik ini,” ungkapnya.

    Wamenkominfo menilai penyebaran informasi akan lebih optimal jika melibatkan media online yang ada di daerah. Menurutnya, pemanfaatan media digital tidak terelakkan karena telah menjadi sumber informasi utama menggantikan media mainstream. 

    “Bisa dibayangkan kalau satu Media Center di setiap kabupaten dan kota punya mitra media online yang saat ini jumlahnya di seluruh nusantara semakin banyak. Menurut Dewan Pers, ada 44 ribu media online di daerah-daerah. Nah, kita bisa bayangkan 8.000 konten berita diamplifikasi oleh puluhan ribu media online tadi,” jelasnya.

    Bahkan, Wamen Nezar Patria juga mendorong adaptasi teknologi digital khususnya platform media sosial agar mampu menjangkau dan memenuhi kebutuhan masyarakat. 

    “Di Indonesia sendiri 72,6% responden mendapatkan informasi dari media sosial. Jadi kita bisa bayangkan bagaimana pertarungan narasi, pertarungan wacana setiap hari antara media mainstream dengan media sosial,” tuturnya.

    Dalam rangkaian AMC 2024, Wamenkominfo meluncurkan Kominfo Newsroom. Kominfo Newsroom yang dikelola Direktorat Pengelolaan Media Ditjen Informasi Komunikasi Publik Kementerian Kominfo  memiliki tujuh kanal yang terdiri dari Portal Indonesia (Indonesia.go.id), InfoPublik, GPR TV, Indonesia Baik, FMB9, Komunika, dan GPR News.

    “Kominfo Newsroom merupakan salah satu upaya memastikan akses informasi mudah diperoleh masyarakat hingga pelosok negeri,” ujarnya.

    Menurut Wamen Nezar Patria, Kominfo Newsroom berperan memproduksi dan diseminasi informasi publik dengan visi dan misi memberikan kemudahan akses informasi yang aktual, akuntabel, dan tepercaya mengenai kebijakan program pemerintah baik kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

    “Hadirnya media center dan mitra Kominfo Newsroom lainnya terlebih dalam produksi dan diseminasi informasi positif tentu menjadi harapan. Peran ini jadi lebih besar lagi jika mampu melakukan penetrasi lebih jauh lagi. Bisa dikatakan kita adalah content creator terbesar,” ungkapnya.

    Dalam AMC 2024, Wamenkominfo Nezar Patria didampingi Dirjen IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong, Inspektur Jenderal Kementerian Kominfo Arief Tri Hardiyanto. Hadir pula perwakilan kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota sebagai penerima nominasi AMC 2024.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 295/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Anak Muda Terdampak, Menteri Budi Arie: Kominfo Persempit Ruang Gerak Judi Online

    Kementerian Kominfo akan terus mempersempit ruang gerak para pelaku judi online dan memberantas peredaran situs-situsnya di internet. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 294/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Bertemu Menteri Papua Nugini, Menkominfo Jajaki Kerja Sama Sektor TIK

    Menurut Menkominfo, TIK merupakan aspek fundamental yang memungkinkan perkembangan segala sektor di era digital. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 293/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Wamen Nezar Patria: Kominfo Terbuka untuk Kolaborasi dengan ADB

    Kolaborasi itu ditujukan untuk mengembangkan ekosistem startup digital dan dukungan dalam pelaksanaan Program 1000 Stratup Digital. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 292/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Lindungi Rakyat dari Judi Online, Menkominfo: Pemerintah Bangun Komunikasi dengan Negara Tetangga

    Menurut Menkominfo, upaya memberantas judi online menghadapi tantangan yang berat karena banyak pelaku atau bandar judi online bersembunyi d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA