SOROTAN MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
Gambaran Sorotan Media berkenaan dengan Komunikasi dan Informatika Periode 31 Mei - 02 Juni 2017 Selengkapnya
RMOL. Seleksi Over The Top (OTT) nasional oleh Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) sudah selesai digelar. OTT nasional yang terpilih akan mendapatkan pembinaan dari ATSI dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.
"Mereka adalah Qlue (qlue.co.id), Catfiz (catfiz.com), dan Sebangsa (sebangsa.com)," ujar Ketua Tim Seleksi OTT Nasional Binaan ATSI Ongki Kurniawan kepada redaksi di Jakarta, Jumat (11/3).
Dia menjelaskan, pemilihan OTT Nasional binaan ATSI dan Kemenkominfo dilakukan dalam rangka mengembangkan talenta kaum muda Indonesia yang memiliki komitmen serta idealisme untuk mengembangkan dunia digital tanah air. Lima anggota ATSI yang terlibat adalah Indosat Ooredoo, Telkomsel, XL, Hutchison 3 Indonesia, dan Smartfren.
"Kami melakukan seleksi yang menyeluruh kepada para peserta OTT Nasional ini. Setelah lolos hasil seleksi, kami memiliki komitmen untuk membantu mereka agar terus dapat berkembang dan tidak berhenti di jalan," beber Ongki.
Menurut Ongki, ketiga OTT Nasional tersebut memiliki komitmen tinggi dan rencana kerja yang jelas meski belum dikenal luas oleh masyarakat. Qlue misalnya, penyedia aplikasi yang dipercaya untuk mendukung kegiatan terkait dengan kinerja Pemprov DKI Jakarta. Dengan Qlue masyarakat dapat menyampaikan keluhan dan masukan kepada Pemprov DKI dan akan segera ditindaklanjuti secara langsung atau didiskusikan dalam forum yang transparan tanpa melalui birokrasi berbelit.
Sedangkan Catfiz, menyediakan layanan dengan platform percakapan (messaging). Catfiz dapat menampung percakapan dalam group dengan jumlah anggota hingga mencapai 2000 orang dan memiliki fitur video streaming. Saat ini baru tersedia untuk Android, dan sudah memiliki 100 ribu pengguna aktif. Sebangsa, saat ini masih fokus untuk berusaha menjadi platform media sosial bagi komunitas. Sebangsa memiliki 20 ribu pengguna, tersedia di web, android dan IOS.
Sementara itu, Ketua ATSI Alexander Rusli menambahkan bahwa pihaknya akan memperkenalkan keberadaan tiga OTT Nasional ini bukan saja ke masyarakat Indonesia tetapi juga ke pasar mancanegara.
"Kami ingin mereka dapat bersaing dengan nama-nama besar OTT di tingkat global. Kami yakin dengan pembinaan dan pengembangam yang tepat, OTT nasional bukan hanya dapat bersaing dengan OTT global bahkan menjadi trend setter di kalangan pemain OTT global. Indonesia selama ini telah dikenal sebagai gudangnya kreativitas," ujarnya.
Alex menegaskan, dukungan yang akan diberikan oleh operator seluler kepada OTT nasional antara lain berupa SMS blast ke pelanggan, penyebutan dalam materi promosi sesuai dengan program masing-masing operator serta mengadakan joint event bersama operator untuk menaikkan jumlah pelanggan.
"Nanti akan benar-benar dilepas pembinaannya kalau jumlah pelanggannya sudah mencapai minimal 20 juta pelanggan," tandasnya. [wah]
Sumber : http://www.rmol.co/read/2016/03/11/239110/Tiga-OTT-Nasional-Akan-Dibina-ATSI-Dan-Kemenkominfo-
Gambaran Sorotan Media berkenaan dengan Komunikasi dan Informatika Periode 31 Mei - 02 Juni 2017 Selengkapnya