FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 01-2017

    3097

    Kemenkominfo Buat Layanan Call Center Darurat 112 Seperti 911

    Kategori Sorotan Media | yovita

    Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika membuat layanan call center tanggap darurat 112. Layanan ini berfungsi untuk melayani warga dalam situasi darurat seperti 911 milik Amerika Serikat.

    Program ini merupakan inisiatif Kemenkominfo untuk menyediakan call center gratis. Misalnya, ketika dalam situasi darurat seperti kebakaran atau butuh bantuan ambulans, call center ini dapat dihubungi. Program ini hampir sama dengan call center Kementerian Kesehatan, yaitu 119, sehingga ke depan akan diintegrasikan. Bukan malah akan menggantikan program 199. "Kami tidak lagi sektoral. Soal 119, ini bagian semuanya. Kementerian punya nomor sendiri-sendiri, egonya masing-masing. Kominfo ada inisiasi 112, mengapa 112? Karena gratis, tidak bayar untuk menelepon gratis karena darurat. Nanti bakal diintegrasikan," kata Menkominfo Rudiantara dalam acara Nusantara Sehat di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Jakarta Selatan, Kamis (12/1/2017).
    Program ini telah diuji coba di beberapa kota, seperti Bekasi. Menurut dia, masyarakat bisa menggunakan layanan tersebut untuk diberikan bantuan yang tepat dalam keadaan darurat. Call center ini dibuat mirip dengan layanan call center tanggap darurat di Amerika Serikat. Namun, ia menyebut, ini bukan soal meniru AS, tetapi bagaimana memberikan kemudahan bagi warga. "Misal kebakaran itu nomor berapa ya, kalau di AS kan ada 911. Bukan niru-niru AS tentang 911, tapi bagaimana memudahkan masyarakat, bagaimana mengintegrasikan ini," ujarnya. Ia pun mengaku telah mengeluarkan peraturan pemerintah agar layanan ini gratis dan operator tidak boleh memungut biaya. Dengan demikian, walaupun dalam kondisi pulsa habis dan darurat, panggilan bisa dilakukan. "Kalau 112 saya keluarkan PP itu operator tidak boleh men-charge di 112 bahkan kalau nggak ada pulsanya pakai HP itu bisa nyambung. Kalau diintegrasikan dengan 199, itu nggak apa-apa ya, yang penting bagus. Make it simple," imbuhnya.
    Sumber :https://news.detik.com/berita/d-3394190/kemenkominfo-buat-layanan-call-center-darurat-112-seperti-911

    Berita Terkait

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA